4 Trik Atasi Kurang Tidur untuk Orang tua Baru

4 Trik Atasi Kurang Tidur untuk Orang tua Baru
Tidur berkualitas. Foto: Pixabay

jpnn.com - Kurang tidur menjadi hal yang tak terhindarkan untuk para orang tua baru. Jadwal tidur bayi yang tak menentu, tangisannya, dan keinginannya menyusu adalah beberapa alasan yang menyebabkan orang tua tak bisa tidur cukup.

Tak hanya terjadi saat bayi baru lahir, kurang tidur juga dapat dialami orang tua hingga anak menginjak usia 6 tahun. Demikian temuan yang dipublikasikan pada jurnal Sleep setelah melakukan survei pada lebih dari 4.000 orang tua di Jerman.

Meskipun lumrah dialami oleh orang tua baru, kurang tidur bisa berisiko menyebabkan performa fisik dan aktivitas sosialnya menjadi tidak optimal. Oleh karena itu, orang tua sebaiknya melakukan usaha untuk meminimalkan masalah kurang tidur tersebut.

Berikut ini empat trik yang bisa dilakukan untuk mengatasi kurang tidur pada para orang tua baru:

Ciptakan rutinitas tidur untuk bayi
Demi kebaikan bersama, latihlah si Kecil untuk memiliki rutinitas tidur yang baik sedini mungkin. Tak lama setelah bayi lahir, kondisikan ia untuk tidur pada waktu yang sama setiap malam dan lakukan aktivitas yang sama setiap ia akan tidur.

Misalnya setiap jam 7 malam, orang tua akan membasuh wajah si Kecil dengan air hangat, memijat si Kecil, kemudian mengganti pakaiannya dengan piama tidur dan meredupkan lampu kamar. Lakukan ini secara konstan setiap hari.

Umumnya dalam waktu 1–3 bulan, si Kecil akan mengerti bahwa pukul 7 malam adalah waktunya untuk tidur. Dengan demikian, orang tua juga akan punya kualitas tidur yang lebih baik.

Tidurlah saat bayi tidur
Satu hingga tiga bulan pertama merupakan masa tersulit bagi orang tua untuk bisa tidur dengan cukup. Pasalnya, bayi umumnya belum mempunyai rutinitas tidur yang baik pada usia ini.

Oleh karena itu, orang tualah yang harus menyesuaikan jadwal tidurnya dengan si Kecil. Saat si Kecil terlelap, ikutlah tidur atau beristirahat bersamanya. Lupakanlah dulu kondisi rumah yang berantakan, cucian baju yang menumpuk, atau hal-hal lain yang ingin dibereskan.

Tak hanya terjadi saat bayi baru lahir, kurang tidur juga dapat dialami orang tua hingga anak menginjak usia 6 tahun.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News