4.951 ton Sampah Berhasil Dikelola Selama Awal 2018

4.951 ton Sampah Berhasil Dikelola Selama Awal 2018
Simbol bumi yang dipenuhi sampah plastik di peringatan Hari Bumi. Foto: Natalia Fatimah Laurens/JPNN

jpnn.com, MEDAN - Bersihkan bumi dari sampah plastik telah menjadi tema Hari Bumi atau Earth Day 2018 yang diperingati tiap 22 April.

Bahkan untuk hari lingkungan pada 5 Juni 2018 mendatang, telah ditetapkan oleh United Nations Environment Programme (UNEP) tema tentang sampah, yaitu “Beat Plastic Pollution, If You Cant Reuse It, Refuse It”.

Pada peringatan hari Bumi di Kota Medan, Mingu (22/4), Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya mengatakan penanganan sampah menjadi kewajiban bersama antara pemda, swasta dan masyarakat.

''Sudah harus dengan langkah-langkah penegakan hukum atau law enforcement. Sebab masalah sampah telah menjadi concern masyakat luas, terutama berkaitan dengan sampah plastik,'' kata Menteri Siti.

Dia pun mengapresiasi dinamika gerakan yang muncul di masyarakat. Contohnya saja dari uji coba gerakan Tiga Bulan Bersih Sampah (TBBS) yang dimulai dari 21 Januari hingga 21 April.

Berdasarkan catatan Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah KLHK, tercatat tidak kurang dari 4.613 aksi yang melibatkan 827.991 orang melakukan aksi bersih sampah.

Selain itu telah dilakukan sosialisasi kepada tidak kurang dari 9 juta orang di seluruh Indonesia, pada 157 kabupaten dan kota.

Selama TBBS terlihat bahwa penanganan sampah dilakukan lebih dari 50% dari timbulan sampah oleh daerah, yang menunjukkan adanya upaya yang lebih baik.

Masalah sampah telah menjadi concern banyak kalangan masyarakat dan perlu penanganan semua pihak.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News