5 Cara Mencegah Keinginan Untuk Bunuh Diri Karena Depresi

5 Cara Mencegah Keinginan Untuk Bunuh Diri Karena Depresi
Depresi. ILUSTRASI. FOTO: Laman Health

jpnn.com - Depresi dan bunuh diri memang merupakan dua perkara yang saling berkaitan. Namun bukan berarti keduanya tak bisa dipisahkan.

Menurut dr. Fiona Amelia dari KlikDokter, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar terbebas dari depresi dan mencegah keinginan untuk bunuh diri:

1. Cari dukungan dan tetap terhubung dengan dunia luar.

Orang yang depresi cenderung menarik diri dari pergaulan, bahkan menjauh dari keluarga atau sahabat dekat. Padahal, mendapatkan dukungan dari orang lain merupakan suatu hal yang sangat penting.

Karena pada dasarnya, manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan peranan orang lain dalam kehidupan. Pada kasus depresi, hadirnya orang-orang tercinta bisa membantu berpikir jernih atau memotivasi diri.

Jadi, jika Anda depresi, pastikan untuk tetap terhubung dengan orang lain dan ikut ambil bagian dalam aktivitas sosial. Ini akan memberikan efek yang positif pada suasana hati dan persepsi Anda.

Ingatlah bahwa perilaku tersebut bukan tanda bahwa Anda lemah atau akan membebani orang lain. Orang-orang terdekat yang menyayangi Anda justru peduli dan ingin membantu. Carilah teman atau siapa pun yang bisa membuat Anda berkeluh kesah secara terbuka, jujur, dan tidak merasa dihakimi.

2. Miliki hewan peliharaan.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar terbebas dari depresi dan mencegah keinginan untuk bunuh diri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News