5 Cara Mencegah Sakit Kepala Saat Sedang Haid

5 Cara Mencegah Sakit Kepala Saat Sedang Haid
Sakit kepala. ILUSTRASI. Foto: Virginmediatelevision

jpnn.com - Ada kalanya wanita merasa cemas saat mendekati waktunya datang bulan. Hal ini dikarenakan haid tidak hanya menyebabkan gejala nyeri perut, tapi juga sakit kepala.

Dalam dunia medis, sakit kepala saat haid dikenal dengan menstrual migraine.

Menurut data yang ada, setidaknya terdapat 60 persen wanita yang merasakan sakit kepala saat haid. Kondisi ini terjadi akibat jumlah hormon estrogen dan progesteron yang menurun drastis menjelang waktu datangnya haid. 

Meski risiko terjadinya sakit kepala saat haid cenderung tinggi, Anda tidak perlu terlalu khawatir. Pada dasarnya, sakit kepala saat haid bisa dicegah. Beberapa kiat yang bisa Anda lakukan untuk mencegah sakit kepala saat haid adalah sebagai berikut:

1. Rutin berolahraga

Olahraga membawa manfaat besar bagi kesehatan tubuh Anda. Salah satunya untuk mencegah terjadinya sakit kepala saat haid. Jenis olahraga yang bisa Anda lakukan adalah latihan intensitas sedang, seperti jalan kaki, bersepeda, atau berenang. Kalaupun nantinya mengalami sakit kepala, keluhannya tidak separah dibandingkan jika Anda tidak berolahraga.

2. Cukup tidur

Anda sering begadang? Atau Anda tidak pernah mendapatkan waktu tidur yang cukup dalam sehari? Jika ya, tak heran jika Anda kerap mengalami sakit kepala saat haid. Fakta menyebutkan bahwa kekurangan waktu tidur dapat meningkatkan risiko sakit kepala saat haid. Untuk itu, pastikan Anda tidur cukup, yakni 7 hingga 8 jam dalam sehari.

Karena itu, pastikan Anda tidak merasakan sakit kepala saat sedang datang bulan atau haid.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News