5 Film Indonesia Hipnotis Masyarakat Jepang

5 Film Indonesia Hipnotis Masyarakat Jepang
Sepatu Dahlan. Foto: from YouTube

jpnn.com, JAKARTA - Masyarakat Jepang mengapresiasi karya anak bangsa Indonesia dalam Festival Film Indonesia (FFI) di Osaka, akhir September kemarin. Lima film Indonesia yakni Filosofi Kopi, Toba Dreams, Sepatu Dahlan, Ada Apa dengan Cinta 2 (AADC 2), dan The Mirror Never Lies mampu menghipnotis masyarakat negeri Matahari Terbit.

Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Didik Suhardi mengungkapkan, FFI Osaka 2017 merupakan kerja sama antara Kemendikbud melalui Pusat Pengembangan Perfilman (Pusbang Film) dengan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Osaka. Tahun 2017 merupakan penyelenggaraan FFI Osaka yang ke-6 kali oleh KJRI Osaka.

"Ini juga kali pertamanya diselenggarakan bekerja sama dengan Pusbang Film Kemendikbud. KJRI Osaka melakukan promosi FFI Osaka dengan target prioritas penonton masyarakat Jepang," terang Didik, Selasa (10/10).

Film-film yang diputar pada FFI Osaka 2017 merupakan film yang dipilih untuk menunjukkan berbagai aspek kehidupan sosial masyarakat Indonesia kepada masyarakat Jepang. Misalnya, sisi kehidupan anak-anak Indonesia zaman dahulu secara inspiratif bisa dilihat dalam film Sepatu Dahlan.

Kemudian kehidupan modern dan anak muda masa kini bisa dilihat dalam film Toba Dreams dan AADC 2. Film Filosofi Kopi memperlihatkan kecintaan Indonesia pada kopi, dan film The Mirror Never Lies memperlihatkan keindahan alam Indonesia.

Pemilihan film juga mempertimbangkan lokasi pengambilan gambar yang ditampilkan dalam film sebagai upaya promosi destinasi pariwisata Indonesia, yaitu Wakatobi (The Mirror Never Lies), Danau Toba (Toba Dreams), Pegunungan Ijen (Filosofi Kopi), dan Yogyakarta (AADC 2).

Pemutaran film pada FFI Osaka 2017 dilakukan di Cinemart Shinsaibashi, Osaka. Tahun ini, lebih dari 70 persen tempat duduk di sinema yang berkapasitas 104 kursi terisi. Bahkan, untuk film Filosofi Kopi dan AADC 2 terisi 100 persen. Lebih dari 90 persen total penonton adalah warga Jepang. (esy/jpnn)


Jepang mengapresiasi karya anak bangsa Indonesia dalam Festival Film Indonesia (FFI) di Osaka


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News