5 Kandidat Pengganti Novanto Bermunculan, Apa Kata Bang Emrus...

5 Kandidat Pengganti Novanto Bermunculan, Apa Kata Bang Emrus...
Emrus Sihombing. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Nama calon pengganti Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto yang berstatus tersangka korupsi proyek kartu tanda penduduk elektroni (e-KTP) mulai bermunculan.

Salah satu politikus beringin menyebut ada lima nama potensial, yakni, Airlangga Hartarto, Idrus Marham, Agus Gumiwang, Aziz Syamsudin dan Nusron Wahid. Namun di sisi lain, petinggi Golkar ini menyatakan tidak akan ada musyawarah nasional luar biasa (munaslub) untuk mengganti ketum.

Pengamat politik Universitas Pelita Harapan Emrus Sihombing mengatakan dari dua pandangan itu bisa ditarik kesimpulan bahwa di satu sisi Golkar menghormati semua proses hukum yang berlaku di KPK terkait Novanto.

Namun di sisi lain, sebagai langkah antisipatif terhadap keputusan hukum ke depan dan menyikapi dinamika politik yang berkembang, tampaknya Golkar telah mempersiapkan bakal calon pengganti Novanto.

“Sebagai partai yang punya pengalaman lama berpolitik dibanding semua partai yang ada di Indonesia, partai ini tampaknya melakukan antisipasi terhadap kemungkinan keputusan pada setiap tahap proses hukum terkait status tersangka yang disandang SN,” kata Emrus, Jumat (21/7).

Dia mengatakan jika keputusan praperadilan yang diajukan nanti memenangkan Novanto, maka Ketua DPR aktif itu akan tetap menjadi ketum Golkar. Jika keputusan praperadilan nanti menyatakan proses hukum kasusnya dilanjutkan, maka Novanto bisa saja tetap memegang ketum Golkar sembari menyesuaikan dengan proses hukum yang berjalan dan atau menyikapi keputusan hukum pada setiap jenjang peradilan.

Pada proses hukum yang terakhir ini hingga mempunyai keputusan hukum tetap, tidak tertutup kemungkinan Novanto mengundurkan diri dari ketum Golkar karena pertimbangan beban politik dan atau yang terbaik bagi Golkar menghadapi peristiwa politik. “Seperti Pilkada 2018 dan Pemilu Serentak 2019,” tegasnya.

Dia menambahkan, dengan langkah antisipatif tampaknya Golkar telah mempersiapkan balon pengganti SN. Tentu kemungkinan besar penggantinya salah satu dari lima kandidat tersebut.

Nama calon pengganti Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto yang berstatus tersangka korupsi proyek kartu tanda penduduk elektroni (e-KTP) mulai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News