5 Kiat Usir Ngantuk Usai Sahur

5 Kiat Usir Ngantuk Usai Sahur
Ilustrasi mengantuk. Foto: Meetdoctor

jpnn.com - Bagaimanapun juga, menahan untuk tidak tidur setelah makan sahur merupakan langkah yang tepat. Dengan demikian sistem pencernaan punya waktu lebih lama untuk menyerap nutrisi dari makanan yang Anda konsumsi dengan lebih baik.

Tips agar tak mudah mengantuk usai sahur

Nah, untuk menghindari keinginan langsung tidur setelah makan sahur, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan:

  1. Alihkan keinginan tidur dengan mencicil pekerjaan kantor atau menonton televisi.
  2. Agar tidak mengantuk dan lemas, Anda dapat menyegarkan tubuh dengan mandi setelah aktvitas sahur. Usahakan gunakan air dingin, jangan air hangat. Sebab, air hangat justru membuat tubuh menjadi terasa relaks dan Anda bisa semakin mengantuk.
  3. Tidurlah lebih cepat dari waktu biasanya pada malam hari, sehingga saat bangun sahur Anda sudah cukup waktu tidur dan tidak mudah mengantuk.
  4. Batasi porsi makan saat sahur. Sebab, semakin banyak makanan yang dikonsumsi, Anda justru akan semakin mudah mengantuk.
  5. Kegiatan membersihkan rumah dapat meningkatkan produksi hormon adrenalin dan membuat suasana hati menjadi lebih semangat dalam memulai hari di saat puasa.

Tidur setelah sahur memang sering tidak bisa dihindari. Meski demikian banyak kegiatan lain yang bisa Anda lakukan setelah makan sahur. Bila tak ingin cepat mengantuk, lakukan berbagai tips yang dipaparkan di atas.

Selain itu jangan lupa, pilih menu sahur yang mengandung karbohidrat kompleks, agar Anda bisa menahan lapar lebih lama namun tetap bertenaga.(NP/RVS/klikdokter)


Tidur setelah sahur memang sering tidak bisa dihindari. Meski demikian banyak kegiatan lain yang bisa Anda lakukan setelah makan sahur.


Redaktur & Reporter : Yessy

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News