5 Makanan Ini Tak Akan Basi Walau Disimpan Setahun

5 Makanan Ini Tak Akan Basi Walau Disimpan Setahun
Beras

jpnn.com - Tidak semua bahan makanan kadaluarsa dalam waktu yang cepat. Ada beberapa yang mampu bertahan disimpan selama berbulan-bulan, bahkan tahun.

Makanan apa saja yang dimaksud? Berikut lima makanan yang tetap awet walau disimpan setahun.

1. Kecap
Kecap berasal dari kedelai yang diawetkan oleh garam. Kecap akan tetap segar selama satu tahun asalkan botolnya ditutup rapat.

Menurut penulis makanan terkenal Keri Gans, kecap dapat digunakan hingga tiga tahun setelah botol dibuka.

2. Gula
Tahukah Anda bahwa gula yang disimpan dalam wadah kedap udara dan tahan kelembapan dapat bertahan selamanya? Gula memang bisa menunjukkan tanda-tanda perubahan menuju basi, tapi pemanis makanan itu tetap bisa bertahan hingga batas waktu yang tak dapat ditentukan.

3. Madu
Secara teknis madu tak akan kadaluwarsa. Sebab, madu mengandung mikroba alami yang tak akan membusuk.

Akan tetapi madu acap kali mengeras akibat kandungan gula di dalamnya. Meski begitu, jangan panik, madu masih dapat digunakan jika dilarutkan dulu menggunakan air hangat.

4. Beras putih
Beras putih yang dikemas dalam kemasan kedap udara dapat disimpan lebih lama dibanding yang tidak sama sekali. Meskipun jenis pangan karbohidrat mudah basi dalam hitungan bulan, asalkan Anda menyimpannya dalam keadaan baik dan benar, beras akan bertahan lebih lama.

Tidak semua bahan makanan kadaluarsa dalam waktu yang cepat. Ada beberapa yang mampu bertahan disimpan selama berbulan-bulan, bahkan tahun.

Sumber Pojoksatu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News