5 Makanan Tinggi Kalori yang Perlu Anda Konsumsi

5 Makanan Tinggi Kalori yang Perlu Anda Konsumsi
Susu segar. Foto IST

jpnn.com - Kalori yang menumpuk merupakan penyebab meningkatnya berat badan. Karenanya, makanan yang tinggi kalori kerap dihindari, apalagi mereka yang sedang program diet. Meski begitu, ada beberapa jenis makanan meski tinggi kalori, tapi juga tinggi akan nutrisi lain dan membawa kebaikan untuk kesehatan, sehingga sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Perlu diingat, jumlah kalori yang Anda konsumsi setiap hari sangat berkaitan dengan peningkatan maupun penurunan berat badan. Karenanya, penting untuk mengetahui kebutuhan kalori yang dibutuhkan. 

Berdasarkan penjelasan dari dr. Atika dari KlikDokter, pada umumnya wanita 19-30 tahun dengan aktivitas ringan butuh 2.400 kalori per hari. Namun, bisa saja kebutuhan kalori Anda berbeda.

“Terdapat beberapa faktor yang memengaruhi kebutuhan kalori setiap orang, misalnya jenis kelamin (kebutuhan kalori pria lebih banyak), usia (di atas 40 tahun, kebutuhan kalori berkurang), serta aktivitas fisik (apakah ringan, sedang, atau berat),” jelas dr. Atika.

Untuk membantu menghitung kebutuhan kalori harian, Anda bisa memanfaatkan fitur Kalkulator Kalori KlikDokter.

Tak selamanya kalori itu buruk

Kebutuhan manusia akan kalori sebenarnya bisa didapatkan dari beragam sumber. Meskipun biasanya makanan tinggi kalori dihindari, tapi lima makanan di bawah ini juga diperlukan karena memiliki nilai gizi lain yang tak kalah tinggi.

1. Alpukat

Perlu diingat, jumlah kalori yang Anda konsumsi setiap hari sangat berkaitan dengan peningkatan maupun penurunan berat badan.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News