5 Manfaat Minyak Zaitun untuk Masakan Buka Puasa

5 Manfaat Minyak Zaitun untuk Masakan Buka Puasa
Minyak Zaitun. Foto: foodhallonline

jpnn.com - Anda sadari atau tidak, manfaat minyak zaitun sebanding dengan harganya yang relatif lebih mahal dari harga jenis minyak masak lainnya. Karena itu, Anda sebenarnya tak perlu ragu merogoh kocek agak dalam demi bisa mendapatkan manfaat sehat dari minyak zaitun, khususnya untuk mengolah menu makan sehari-hari.

Berubahnya waktu dan pola makan saat puasa rentan membuat asupan nutrisi juga terganggu. Dengan menyiapkan makanan buka puasa yang sehat, salah satunya dengan mengolah masakan menggunakan minyak zaitun – sebagian masalah nutrisi ini bisa teratasi. 

Minyak zaitun untuk menu buka puasa

Minyak zaitun sangat dianjurkan menjadi bahan dasar untuk mengolah segala sajian buka puasa. Ini karena minyak sehat tersebut dapat memberikan manfaat berupa:

1. Menangkal radikal bebas

Minyak zaitun mengandung antioksidan polifenol yang dapat membantu tubuh menangkal radikal bebas, sehingga Anda terhindar dari penyakit kanker dan lain sebagainya.

Dalam 1 sendok makan minyak zaitun, terdapat lemak total 14 gram dengan proporsi lemak jenuh 1,9 gram, lemak tak jenuh rantai ganda 1,4 gram, dan lemak tak jenuh rantai tunggal 10 gram.

2. Memelihara kesehatan jantung

Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan amat beragam. Saat Anda menjalankan ibadah puasa seperti sekarang, asupan nutrisi bagi tubuh sangat penting.

Sumber klIkdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News