5 Tahun Kiprah Toyota Vios dan Yaris Buatan Indonesia di Mancanegara

5 Tahun Kiprah Toyota Vios dan Yaris Buatan Indonesia di Mancanegara
Ilustrasi New Toyota Yaris (Foto: Toyota)

jpnn.com, JAKARTA - PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) memasuki tahun kelima memproduksi kendaraan model sedan (Vios) dan hatchback (Yaris) secara lokal. Sebelum diproduksi di dalam negeri, kedua model kendaraan itu diimpor dari Thailand.

Sepanjang 5 tahun berjalan, TMMIN telah memproduksi Vios dan Yaris sebanyak lebih dari 257.200 unit baik untuk pasar domestik maupun ekspor.

BACA JUGA: Toyota Yaris Terbaru Banyak Mengadopsi Kekuatan Mazda

Sebanyak 94.750 unit atau 37 pesen Vios dan Yaris telah diproduksi untuk memenuhi permintaan konsumen dalam negeri. Sedangkan sebanyak 162.530 unit atau 63 persen Vios dan Yaris telah dikapalkan ke 13 negara di kawasan ASEAN dan Timur Tengah.

Produksi lokal Vios dan Yaris merupakan realisasi dari komitmen Toyota untuk sebesar mungkin memberikan sumbangsih bagi perkembangan industri otomotif nasional melalui substitusi impor dan ekspansi ekspor.

“Kegiatan produksi lokal model sedan tidak lain merupakan salah satu upaya untuk mengurangi ketergantungan impor kendaraan utuh (Complete Build Up/CBU) sekaligus aktif berperan di pasar ekspor sehingga dapat memberi sumbangsih kepada terciptanya keseimbangan neraca perdagagan terutama di sektor otomotif,” ungkap Direktur Administrasi, Korporasi dan Hubungan Eksternal TMMIN, Bob Azam.

Ketika memulai proyek produksi lokal Vios/Yaris pada 2014 lalu, Toyota menggelontorkan investasi sebesar Rp 2,5 triliun. Selain penanaman investasi, lokalisasi dan ekspor Vios/Yaris memberikan efek domino bagi rantai suplai industri otomotif Indonesia.

Sebanyak 63 pemasok lapis pertama terlibat dalam kegiatan produksi serta ekspor 2 model kendaraan ini. Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) Vios/Yaris kini telah mencapai 75 persen. (mg8/jpnn)


PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) memasuki tahun kelima memproduksi kendaraan model sedan (Vios) dan hatchback (Yaris) secara lokal.


Redaktur & Reporter : Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News