6 Cara Tepat agar Tidur Lebih Nyenyak

6 Cara Tepat agar Tidur Lebih Nyenyak
Tidur. Foto: Meetdoctor

jpnn.com - Tidur hanyalah perkara memejamkan mata. Terdengar sederhana dan mudah dilakukan, meski kenyataannya tidak demikian. Ya, tidak sedikit orang yang kesulitan untuk tidur atau memejamkan mata di malam hari. Apakah Anda salah satu yang seperti ini?

Tenang, Anda tidak perlu khawatir berlebihan. Faktanya, untuk bisa tidur yang nyenyak adalah perkara yang mudah dilakukan. Berdasarkan anjuran Dr. Michael J. Breus, PhD., berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar bisa tidur nyenyak dan berkualitas setiap hari:

1. Atur jadwal tidur dan bangun secara teratur. 

Cara pertama yang mesti Anda lakukan agar bisa tidur nyenyak setiap hari adalah menetapkan jadwal tidur dan bangun yang teratur setiap hari. Ini berarti, Anda perlu tidur dan bangun pada jam yang sama setiap hari, sekalipun itu adalah hari libur.

Ketika hal tersebut sudah menjadi sebuah kebiasaan yang Anda lakukan setiap hari, maka jam biologis tubuh akan tersesuaikan dengan sendirinya.

2. Nikmati 15 menit sinar matahari pagi

Sinar matahari pagi tak hanya baik untuk kesehatan tulang, melainkan juga turut membantu mengatur produksi melatonin alias hormon tidur.

“Jam tubuh internal berjalan dengan jadwal 24 jam dan berfungsi paling baik ketika Anda terkena pola terang dan gelap yang teratur. Perubahan dalam keadaan cahaya dan gelap dapat berefek negatif bagi kemampuan tidur nyenyak,” kata Dr. Breus.

Tenang, Anda tidak perlu khawatir berlebihan. Faktanya, untuk bisa tidur yang nyenyak adalah perkara yang mudah dilakukan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News