6 Makanan ini Harus Dihindari Agar Perut tak Kembung

6 Makanan ini Harus Dihindari Agar Perut tak Kembung
Ilustrasi perut. Foto: Pixabay.

jpnn.com - Hampir setiap orang pernah mengalami perut kembung atau begah. Kondisi yang sering dianggap sebagai gejala ‘masuk angin’ ini paling sering terjadi akibat adanya gas berlebih di dalam saluran cerna.

Ahli kesehatan menyebut bahwa perut kembung atau begah bisa menyerang siapa saja, mulai dari anak hingga mereka yang sudah lanjut usia. Anda yang tak ingin mengalami keluhan itu diwajibkan untuk benar-benar memerhatikan jenis makanan yang dikonsumsi.

Hal ini juga berlaku bagi Anda yang sudah terlanjur mengalami keluhan perut kembung. Pasalnya, jenis makanan tertentu bisa mencetuskan keluhan perut kembung atau begah dan membuatnya menjadi semakin parah.

Makanan pencetus perut kembung

Makanan adalah salah satu pencetus terjadinya perut kembung atau begah. Oleh karena itu, jika mengalami keluhan ini, Anda diwajibkan untuk benar-benar memerhatikan segala yang dikonsumsi.

Beberapa makanan yang sebaiknya benar-benar Anda hindari ketika mengalami perut kembung atau begah, di antaranya:

1. Kubis-kubisan

Kubis-kubisan seperti brokoli, kembang kol, kale, wortel, dan asparagus merupakan jenis makanan yang dapat menyebabkan penumpukan gas di saluran cerna. Selain itu, jenis sayuran tersebut juga mengandung raffinose, yaitu gula yang sulit dicerna.

Anda yang tak ingin mengalami keluhan itu diwajibkan benar-benar memerhatikan jenis makanan yang dikonsumsi.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News