6 Makanan Penurun Kolesterol

6 Makanan Penurun Kolesterol
ILUSTRASI. FOTO: Fox News

jpnn.com - Kolesterol bisa dikategorikan menjadi dua yakni kolesterol baik dan kolesterol jahat. Kolesterol baik atau HDL justru sangat penting peranannya dalam tubuh terutama untuk membantu penyerapan asam lemak esensial dan juga memproduksi hormon-hormon seks.

Namun yang wajib dihindari ialah kolesterol jahat atau LDL yang bisa menyebabkan penimbunan lemak pada pembuluh darah yang kemudian bisa memicu timbulnya serangan jantung.

Berikut adalah beberapa makanan penurun kolesterol yang mungkin mengejutkan Anda, seperti dilansir laman Fox News, Rabu (10/2).

1. Gooseberry India

Gooseberry India, juga dikenal sebagai alma adalah buah bulat, berwarna hijau yang memiliki rasa asam, pahit dan cukup berserat. Pohon ini tumbuh di India, Timur Tengah dan beberapa negara Asia tenggara. Gooseberry India telah digunakan dalam pengobatan Ayurvedic selama ribuan tahun.

Buah ini bekerja dengan mengurangi kadar kolesterol total, termasuk asam lemak yang disebut trigliserida tanpa memengaruhi kadar HDL (kolesterol baik). Selain itu, dalam studi 12-minggu yang diterbitkan dalam Journal of Medical Food, peserta diberi ekstrak India Gooseberry secara signifikan mampu mengurangi LDL (buruk), kadar kolesterol mereka.

2. Barley

Banyak dokter telah memuji manfaat oatmeal untuk membantu menurunkan kadar kolesterol darah, tetapi jarang kita mendengar tentang butir sehat lain yang disebut barley. Seperti oatmeal, barley tinggi serat yang membantu untuk mengurangi jumlah kolesterol jahat dalam darah.

3. Alpukat

Kolesterol bisa dikategorikan menjadi dua yakni kolesterol baik dan kolesterol jahat. Kolesterol baik atau HDL justru sangat penting peranannya dalam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News