6 Manfaat Minum Susu yang Wajib Anda Tahu

6 Manfaat Minum Susu yang Wajib Anda Tahu
Ilustrasi Susu. Foto Hello Sehat

jpnn.com - Susu merupakan salah satu jenis asupan nutrisi yang belum menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia, walaupun pentingnya konsumsi minuman ini sudah ditekankan sejak dulu kala.

Memang, jika dibandingkan dengan pola makan di negara Barat, jumlah konsumsi susu di negara-negara di Asia masih minim. Padahal, banyak sekali manfaat susu bagi kesehatan. Apa sajakah itu?

1.Menunjang pertumbuhan tulang dan gigi

Manfaat pertama, dan mungkin yang paling umum dikenal, adalah manfaat bagi pertumbuhan tulang dan gigi. Hal ini berkaitan dengan kandungan zat kalsium dalam susu yang sangat baik, kurang lebih 1 gram per liter.

Bagi anak-anak, kalsium sangat baik dikonsumsi untuk menunjang pertumbuhannya. Namun, jangan salah, kalsium juga banyak manfaatnya bagi orang dewasa. Kecukupan kalsium dapat membantu Anda terhindar dari osteoporosis saat menua nantinya.

2.Mendukung proses pembekuan darah, penyembuhan luka, dan kontraksi otot

Kalsium berperan penting dalam proses pembekuan darah, penyembuhan luka, serta kontraksi otot (termasuk otot jantung).

Untuk mendapatkan manfaat maksimal, sebaiknya konsumsi susu dikombinasikan dengan sumber makanan yang kaya vitamin D (sering kali vitamin D turut difortifikasi ke dalam susu) dan magnesium (seperti pada kacang-kacangan, bayam, dan susu) untuk membantu proses penyerapannya.

Bisa disimpulkan dengan segudang manfaat dan banyaknya variasi susu dan produk olahannya, tidak ada lagi alasan untuk malas mengonsumsi susu.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News