64 Persen Penduduk Indonesia Melek Internet, Sumbangsih Banten Lebih Besar dari Jakarta

64 Persen Penduduk Indonesia Melek Internet, Sumbangsih Banten Lebih Besar dari Jakarta
Ilustrasi akses internet 4G. (Foto: ridha/Jpnn)

jpnn.com, JAKARTA - Diolah dari data Asosiasi Penyelenggara jasa internet Indonesia (APJII) dan Polling Indonesia, bahwa penduduk Indonesia yang sudah melek internet sekitar 64,8 persen dari jumlah total.

Artinya, dari 264,16 juta penduduk di Indonesia, maka sedianya 171,17 juta jiwa sudah memanfaatkan internet.

BACA JUGA: Badan Cyber bakal Pantau Pengguna Internet

"Jika dibanding tahun 2017 ke 2018, angka itu naik 10,12 persen dari yang sebelumnya hanya 54,68 persen penetrasi internet di Indonesia," ungkap Sekjen APJII, Henri Kasyfi Soemartono di Jakarta.

Pengguna internet terbesar masih berada di Pulau Jawa. Provinsi Jawa Barat penyumbang penetrasi terbesar yakni 41,7 persen. Kemudian disusul Jawa Timur (41,1 persen), Banten (35 persen), Jawa Tengah (28,6 persen), DIY (26,3 persen), dan terakhir DKI Jakarta (19,6 persen).

"Kalau penetrasi itu kita bicara masalah jumlah pengguna dibandingkan dengan populasi di area tersebut," kata Henri lagi.

Pertumbuhan pengguna internet di Indonesia tidak lepas dari perkembangan infrastruktur jaringan internet yang terus diperluas, baik dari pemerintah maupun swasta. (mg8/jpnn)

Diolah dari data Asosiasi Penyelenggara jasa internet Indonesia (APJII) dan Polling Indonesia, bahwa penduduk Indonesia yang sudah melek internet sekitar 64,8 persen dari jumlah total.


Redaktur & Reporter : Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News