7 Kebiasaan ini Bisa Picu Munculnya Jerawat

7 Kebiasaan ini Bisa Picu Munculnya Jerawat
Jerawat. Foto Familinia

jpnn.com - Hampir semua orang menginginkan kulit wajah yang bersih tanpa noda jerawat. Sayangnya, hal itu tentu tidak bisa didapat dengan mudah. Anda perlu secara rutin merawat dan menjaga kebersihan wajah.

Namun, ada beberapa kebiasaan sehari-hari yang justru bisa memicu munculnya jerawat. 

Penyebab jerawat

Dalam istilah medis, jerawat dikenal dengan istilah acne. Menurut penjelasan dr. Adeline Jacklyn dari KlikDokter, jerawat merupakan peradangan kulit yang mengenai kelenjar sebum dan folikel rambut akibat tersumbatnya pori-pori kulit.

“Jerawat dapat muncul di mana saja, sepanjang terdapat kelenjar sebum dan folikel rambut,” kata dr. Adeline.

Sumbatan pori-pori kulit penyebab jerawat dapat disebabkan oleh kotoran, sebum (lemak yang dihasilkan oleh kelenjar lemak kulit), dan bakteri yang menumpuk. Itu semua, menurut dr. Adeline, dapat menyebabkan reaksi radang, dan ini bisa menyebabkan infeksi.

Ditambahkan oleh dr. Andika Widyatama dari KlikDokter beberapa faktor lainnya penyebab jerawat adalah stres, faktor hormonal, keturunan orang tua, serta adanya bakteri di pori-pori kulit.

“Faktor-faktor tersebut saling berkaitan dalam menimbulkan jerawat, sehingga penanganannya biasanya memerlukan waktu dan juga kedisiplinan tinggi,” kata dr. Andika.

Ada beberapa kebiasaan sehari-hari yang justru bisa memicu munculnya jerawat. Hal ini tentunya harus Anda hindari.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News