7 Kiat Cegah Noda di Gigi

7 Kiat Cegah Noda di Gigi
Ilustrasi warna gigi. Foto: diariofemenino

jpnn.com - Dulu, beberapa kalangan meyakini bahwa menggunakan sedotan dapat melindungi permukaan gigi, mencegah noda gigi dan gigi berlubang, serta mengurangi paparan terhadap kuman yang berasal dari gelas umum. Dalam pandangan mereka, dengan sedotan, minuman manis tidak melewati gigi bagian depan, dan langsung mengarah ke belakang mulut. 

Namun, penemuan baru menepis anggapan tersebut. Menggunakan sedotan kini dinyatakan lebih banyak memiliki dampak negatif dibanding positif terhadap kesehatan dan lingkungan.

Tips cegah noda gigi

Mencegah munculnya noda gigi sebaiknya dilakukan dengan cara yang tepat. Berikut adalah tipsnya:

  • Mengurangi konsumsi minuman yang dapat menyebabkan noda gigi.  
  • Membilas dengan air putih segera setelah minum minuman yang berwarna.
  • Mengunyah permen karet sugar free. Menurut American Dental Association, mengunyah permen karet sugar free selama 20 menit dapat membantu mencegah gigi berlubang.
  • Hindari minuman bersoda sebelum tidur.  
  • Minumlah kopi Anda dengan cepat lalu bilas dengan air putih.  
  • Campur minuman kopi atau teh Anda dengan susu. Dalam International Journal of Dental Hygiene, casein (protein susu) dapat menangkap partikel tannin di dalam teh dan kopi yang dapat mencegah noda gigi. Dengan catatan, susu yang digunakan adalah susu dari hewan bukan dari kacang-kacangan.
  • Jika terpaksa harus pakai sedotan, misalnya orang sakit atau orang berkebutuhan khusus, gunakan sedotan dari kertas yang dapat didaur ulang atau sedotan logam yang dapat dicuci dan digunakan kembali.

Sedotan bukanlah solusi untuk mencegah noda di gigi Anda. Sebaliknya, sedotan justru dapat menyebabkan masalah kesehatan, seperti kerutan di mulut dan gangguan lambung.

Anda dapat mencegah noda gigi dengan menerapkan tips-tips di atas.(HNS/RVS/klikdokter)


Sedotan bukanlah solusi untuk mencegah noda di gigi Anda. Sebaliknya, sedotan justru dapat menyebabkan masalah kesehatan.


Redaktur & Reporter : Yessy

Sumber klIkdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News