7 Kondisi ini Membuat Anda Susah Tidur

7 Kondisi ini Membuat Anda Susah Tidur
Stres. Foto: Pixabay

jpnn.com - Insomnia atau susah tidur biasanya dialami seseorang karena stres atau memikirkan sesuatu. Namun, sebenarnya ada banyak faktor lain yang bisa membuat Anda kesulitan tidur di malam hari, termasuk juga yang berkaitan dengan kondisi medis tertentu.

Bila Anda mengalami susah tidur, dampaknya akan berpengaruh pada berkurangnya waktu tidur. Padahal, kurang tidur bisa menimbulkan masalah kesehatan yang serius. Hal ini disampaikan oleh dr. Nadia Octavia dari KlikDokter.

"Meski terkesan sepele, tidur merupakan salah satu aktivitas yang penting bagi tubuh. Jika Anda kurang tidur, berbagai fungsi normal tubuh akan terganggu, mulai dari kurang fokus di siang hari, stres, hingga tekanan darah yang meningkat," ujarnya.

Selain itu, masalah susah tidur juga bisa terjadi karena gangguan kesehatan tertentu. Berikut ini adalah beberapa kondisi kesehatan yang bisa membuat Anda menjadi insomnia:

1. Gangguan pernapasan

Gangguan pernapasan yang Anda alami bisa menganggu tidur. Alergi dan asma adalah kondisi yang paling sering mengganggu pernapasan ketika tidur. Gangguan tidur seperti mendengkur juga bisa menjadi salah satu penyebabnya.

Mendengkur yang parah bisa berupa sleep apnea, yang memotong pernapasan Anda dan bisa membangunkan Anda pada saat tidur malam. Akibatnya kualitas tidur Anda juga akan terganggu.

2. Demensia

Meski terkesan sepele, tidur merupakan salah satu aktivitas yang penting bagi tubuh. Jika Anda kurang tidur, berbagai fungsi normal tubuh akan terganggu, mulai dari kurang fokus di siang hari, stres, hingga tekanan darah yang meningkat.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News