8 Kepala Daerah dan 2 Tokoh Nasional Bentuk Forum Bogor

8 Kepala Daerah dan 2 Tokoh Nasional Bentuk Forum Bogor
Dua tokoh nasional dan delapan kepala daerah bertemu di Bogor, Rabu (15/5). Foto: Miftahulhayat/Jawa Pos

jpnn.com, BOGOR - Delapan pemimpin daerah dua tokoh nasional membentuk Forum Bogor di Museum Kepresidenan Balai Kirti, Bogor, Rabu (15/5). Forum tersebut dibentuk untuk meredam konflik usai pemilu di masyarakat. Para peserta yang hadir sepakat untuk menyebarkan berita positif di tengah kemelut yang memecahkan masyarakat selama pemilu.

Forum tersebut diinsiasi oleh Wali Kota Bogor Bima Arya, dihadiri Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur NTB Zulkifliemansyah, Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah, Wagub Jawa Timur Emil Dardak, Bupati Banyuwangi Azwar Anas dan Wali Kota Tangerang Airin Rachmi Diany. Sementara dua tokoh non-pemimpin daerah yang hadir ialah Agus Harimurti Yudhoyono dan Yenny Wahid.

"Kami juga sudah mengundang Pak Anies Baswedan, tapi pas siang menjelang sore tadi (kemarin, Red) beliau bilang pihak Pemprov sedang ada syukuran. Jadi berhalangan untuk hadir," ucap Bima seusai pertemuan kemarin.

Acara teraebut berlangsung sedari pukul 16.00. Selama pertemuan, tidak ada satu pun awak media yang diperkenankan masuk. Acara berlangsung secara tertutup. Sebagai inisiator, Bima menjelaskan, apa saja yang mereka lakukan di dalam.

Selain berbuka puasa bersama dan salat berjemaah, para tokoh itu berdiskusi tentang apa yang terjadi di negara ini. Mengingat, kondisi masyarakat saat ini tengah dilanda perpecahan pasca pemilu. Diharapkan, dengan ditemukannya para tokoh dan pemimpin tersebut bisa menciptakan kondisi yang lebih kondusif di masyarakat. Ini mereka lakukan sekaligus untuk menjadi panutab masyarakat di luar sana. Bahwa mereka perlu berdamai antar satu sama lain.

Setelah berseteru terkait dukungan politik semata. "Kami cinta Indonesia, kami ingin Indonesia damai. Dengan diwarnai energi positif dan optimisme dalam membangun Indonesia," tutur pria kelahiran Bogor tersebut. 

Forum Bogor sepakat untuk menyebarkan berita positif di tengah kemelut yang memecahkan masyarakat selama pemilu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News