8 Manfaat Tidur Siang Singkat Saat Puasa

8 Manfaat Tidur Siang Singkat Saat Puasa
Ilustrasi bangun tidur. Foto: Hellosehat

jpnn.com - Masih lancarkah puasa Anda? Saat berpuasa, asupan makanan yang kurang sering bikin ngantuk dan ingin tidur saja. Jika kondisi memungkinkan, tidur siang tidak dilarang, kok, bahkan khusus bulan Ramadan tidur disebut-sebut sebagai ibadah! Tak cuma baik untuk mengatasi kantuk, tidur siang singkat saat puasa juga mendatangkan beragam manfaat lain untuk tubuh.

Akibat pola makan, pola tidur, dan metabolisme tubuh yang berubah menjadikan Anda sering merasa mengantuk pada siang siang hari. Apalagi setelah sedari pagi beraktivitas di kantor!

Manfaat tidur siang singkat saat puasa
Jika memungkinkan, ambil waktu sejenak untuk tidur siang singkat. Manfaat yang bisa Anda dapatkan antara lain:

1. Menghilangkan rasa lapar
Saat berpuasa, biasanya Anda akan kurang tidur karena harus bangun tidur lebih awal untuk sahur, atau waktu tidur berkurang karena dipergunakan untuk beribadah. Ini tentu bisa bikin perut jadi keroncongan, bahkan sebelum tengah hari.

Peneliti sebuah studi yang dilakukan di Universitas Stanford, Amerika Serikat (AS), menemukan, kurang tidur memicu hormon gherkin (yang membuat Anda ingin makan lebih banyak) dan menurunkan kadar hormon leptin (yang memberi Anda sinyal saat kenyang).

Rasa lapar yang datang di siang hari adalah hal yang wajar. Ini terjadi akibat pergeseran ritme sirkadian yang membuat Anda lelah dan ingin makan.

Nah, tidur siang bisa menjadi cara untuk menahan lapar dan menekan keinginan untuk makan. Tidur terbukti membatasi grelin dan meningkatkan leptin, yaitu dua hormon metabolik yang mengatur rasa lapar dan nafsu makan.

2. Memperbaiki mood

Itulah beberapa manfaat tidur siang siang saat puasa. Tapi ingat, bukan berarti Anda bisa tidur seharian. Gunakan waktu sebaik mungkin untuk tetap produktif menjalani aktivitas harian dan memperbanyak pahala lewat ibadah.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News