9 Tips Menghindari Serangan Flu dan Pilek

9 Tips Menghindari Serangan Flu dan Pilek
Ilustrasi. Foto: dok/Jawa Pos

jpnn.com - PENYAKIT flu (influenza) dan pilek (cold) bisa menginfeksi orang secara cepat dan tiba-tiba. Hal ini sering terjadi ketika sistem kekebalan tubuh menurun, kurang tidur, jam makan yang tidak teratur, konsumsi makanan yang kurang bergizi, dan konsumsi air putih yang tidak memadai.

Karena penyakit flu tidak ada obatnya maka cara mengobati flu dan pilek dengan cepat dan mudah adalah dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda sehingga bisa melawan virus dan meringankan gejala pilek dan flu yang membuat Anda tidak nyaman.

Berikut ini tips ampuh untuk mengobati sakit flu dan pilek, seperti dilansir laman India Times, Rabu (4/11).

1. Cuci tangan Anda sesering mungkin.

Ponsel, keyboard, tombol lift dan gagang pintu semua sarat dengan kuman. Sistem kekebalan tubuh Anda mengeluarkan lebih banyak energi dalam memerangi kuman ini, tetapi Anda bisa membuat pekerjaan yang sedikit lebih mudah dengan mencuci tangan Anda secara lebih sering untuk mengurangi jumlah kuman.

2. Jangan menyentuh wajah Anda.

Menyentuh mata dan hidung dengan tangan yang mengandung kuman bisa membuat Anda lebih mungkin untuk jatuh sakit. Bahkan, sebuah penelitian di Jepang menemukan bahwa pekerja yang mengatakan bahwa mereka kadang-kadang menyentuh mata atau hidung adalah 41 persen lebih mungkin untuk mendapatkan infeksi saluran pernapasan daripada mereka yang tidak.

3. Hindari orang yang sakit.

PENYAKIT flu (influenza) dan pilek (cold) bisa menginfeksi orang secara cepat dan tiba-tiba. Hal ini sering terjadi ketika sistem kekebalan tubuh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News