A Taste of Indonesia, Ajak Wisman Sydney Cinta dan Kangen Kuliner Nusantara

A Taste of Indonesia, Ajak Wisman Sydney Cinta dan Kangen Kuliner Nusantara
I Gede Pitana. Foto. dokumen JPNN

jpnn.com, SYDNEY - Indonesia kembali menampilkan surga bagi kaum foodie, sebutan bagi pecinta dan penikmat makanan. Semua kuliner Indonesia yang lezat-lezat ditampilkan di Festival kuliner bertajuk "A Taste of Indonesia" di Shangrila Hotel Sydney, 4 - 12 Agustus 2017.

Menpar Arief Yahya menilai kuliner itu ampuh untuk mempromosikan Wonderful Indonesia di mancanegara. Pembandingnya sudah banyak. Thailand misalnya. Dengan Thai Cuisine, Negeri Gajah Putih itu mampu berlari lebih cepat menembus tourism di luar negeri. Vietnam, China, dan Malaysia pun ikut-ikutan menguasai pasar Australia lantaran kulinernya sudah menyebar ke se-antero Australia.

"Kebetulan kuliner Indonesia tidak kalah. Potensi kita besar, dan itu yang mulai kita jadikan alat untuk promosi destinasi kita," tutur Menpar Arief Yahya, Rabu (9/8).

Soal kuliner sebagai “senjata utama” menggaet wisman, kata Menpar, itu masuk akal. Dia mengakui, teste, selera lidah, mekanan, bisa membuat orang ketagihan, jatuh cinta, dan kangen untuk mencari dengan jenis makanan itu lagi.

Dan citarasa kuliner Indonesia dijamin sangat oke. Presiden ke-44 Amerika Serikat Presiden Obama pernah mempopulerkan masakan khas Indonesia, sate, nasi goreng, emping, dan kerupuk. Dan di 2017 ini, CNN tak ragu menobatkan rendang Indonesia sebagai makanan nomor satu terenak di dunia. Nasi goreng di posisi nomor dua. Sementara Sate ada di posisi 14 makanan terlezat di dunia.

Berangkat dengan modal tadi, festival kuliner ‘A Taste of Indonesia’ pun dirancang dengan sangat oke. Semua warga Sydney akan diajak untuk melihat dan mencicipi langsung kuliner Indonesia. "Kami membawa dua chef dari Shangri-La Jakarta yang piawai mengolah masakan Indonesia,” timpal Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara I Gde Pitana.

Beragam penganan dari berbagai pelosok nusantara dipastikan ikut menyerbu Sydney. Dari mulai soto ayam, daging konro makassar, daging rendang, bebek betutu, ayam bakar jawa, telor balado, dan udang goreng sambal balado, semua ada.

Bahkan paket wisata ke sejumlah destinasi wisata Indonesia juga ikut dijual travel agen yang ikut partisipasi dalam acara tersebut. Di antaranya untuk tujuan Jakarta dan Bali. "Kita bisa langsung mempromosikan paket-paket wisata bahkan memasarkannya serta mempromosikan WI kepada target pasar kita," kata Pitana.

Indonesia kembali menampilkan surga bagi kaum foodie, sebutan bagi pecinta dan penikmat makanan. Semua kuliner Indonesia yang lezat-lezat ditampilkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News