Aceng Fikri dan Caleg PSI Berebut Kursi di Jabar XI

Aceng Fikri dan Caleg PSI Berebut Kursi di Jabar XI
Aceng Fikri. Foto: dok.Jawa Pos

jpnn.com, JAKARTA - Sejumlah pendatang baru menunjukkan taji di Dapil Jawa Barat XI yang meliputi Garut dan Tasikmalaya. Mereka bersaing ketat dengan calon petahana memperebutkan jatah 10 kursi yang ada.

Berdasarkan survei terakhir Y-Publica, mantan Kapolda Anton Charliyan adalah debutan yang paling menonjol dengan elektabilitas 9,6 persen. Caleg PDIP itu hanya kalah dari Acep Adang Ruhiyat (10,5 persen), putra pendiri Pesantren Cipasung yang merupakan petahana dari PKB.

“Sementara dua kursi diperebutkan oleh caleg pendatang baru, dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan anggota DPD,” ungkap Direktur Eksekutif Y-Publica Rudi Hartono dalam siaran pers di Jakarta, pada Jumat (8/3).

Aceng Fikri dan Caleg PSI Berebut Kursi di Jabar XI

Caleg PSI yang dimaksud adalah Satia Chandra Wiguna. Wasekjen PSI itu menempati urutan ketujuh caleg elektabilitas tertinggi dengan 3,4 persen. Sementara pendatang baru lainnya adalah senator dan eks Bupati Garut Aceng Fikri. Caleg Hanura itu ada di peringkat sembilan dengan 3,1 persen.

Lebih lanjut Rudi mengungkapkan, sebagian besar caleg petahana diprediksi akan kembali lolos ke Senayan. Di antaranya Ferdiansyah (8,1 persen), Nurhayati (5,5 persen), Haerudin (5,4 persen), Subarna (4,6 persen), Dony Maryadi Oekon (3,3 persen), dan KH Thoriq Hidayat (2,4 persen).

BACA JUGA: Habib Muannas PSI Diprediksi Melenggang ke Senayan

Sejumlah artis turut meramaikan bursa pemilu legislatif di dapil ini ternyata tak bisa berbuat banyak. Mereka antara lain, Mulan Jameela caleg Gerindra (1,4 persen), Reza Artamevia caleg Perindo (1,1 persen), Fairouz El Fouz (0,6 persen). Ada pula anak pengusaha bus M Hussein Fadlulloh (0,9 persen) dan mantan wakil wali kota Tasikmalaya Dede Sudrajat (0,3 persen).

Sejumlah pendatang baru menunjukkan taji di Dapil Jabar XI yang meliputi Garut dan Tasikmalaya. Antara lain caleg PSI Satia Chandra Wiguna dan Aceng Fikri dari Hanura

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News