Ada 9 Lokasi Jembatan Timbang Dijadikan Pilot Project

Ada 9 Lokasi Jembatan Timbang Dijadikan Pilot Project
Dirjen Perhubungan Darat Pudji Hartanto saat meninjau kesiapan Jembatan Timbang di Tuban, Jawa Timur, Jumat (3/3). Foto Yessy Artada/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan menyelenggarakan sosialisasi pilot project pengelolaan Jembatan Timbang di Semarang.

Plt. Direktur Pembinaan Keselamatan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Pandu Yunianto menjelaskan ada 141 jembatan timbang.

"Ada 26 yang dioperasikan, dan 9 di antaranya dijadikan pilot project. Ada 7 lokasi Jembatan Timbang yang dijadikan pilot project oleh pihak ketiga, yaitu Losarang, Wanareja, Widang, Widodaren, Seumadam, Sarolangun, Senawar Jaya. Kemudian dua pilot project jembatan timbang dilaksanakan oleh Ditjen Perhubungan Darat yaitu Balonggandu dan Macoppa," jelas Pandu.

Diharapkan dengan pilot project ini nantinya bisa dihasilkan rekomendasi untuk menyusun bagimana konsep SOP (Standar Operasi Prosedur) pengelolaan Jembatan Timbang yang ideal.

"Kalau sudah dihasilkan SOP, nanti desain dari jembatan timbang ini akan seperti apa, luas area yang dibutuhkan berapa, jenis fasilitas yang dibutuhkan apa saja, termasuk juga mengevaluasi lokasi Jembatan Timbang, apakah masih layak, masih sesuai. Kalau tidak sesuai apakah harus ditutup atau harus direlokasi," tandas Pandu.(chi/jpnn)

 


Diharapkan dengan pilot project ini nantinya bisa dihasilkan rekomendasi untuk menyusun bagimana konsep SOP (Standar Operasi Prosedur) pengelolaan Jembatan Timb


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News