Ada Jusuf Kalla, Warga Muhammadiyah tak Tergoda ke Prabowo-Hatta

Ada Jusuf Kalla, Warga Muhammadiyah tak Tergoda ke Prabowo-Hatta
Ada Jusuf Kalla, Warga Muhammadiyah tak Tergoda ke Prabowo-Hatta

jpnn.com - JAKARTA - Jusuf Kalla (JK) tidak hanya menjadi bagian dari keluarga Nahdlatul Ulama (NU), tapi Wakil Presiden era Susilo Bambang Yudhoyono tahun 2004-2009 itu juga punya kedekatan dengan warga Muhammadiyah.

Hal inilah yang mendorong sejumlah kader dan tokoh Muhammadiyah mendeklarasikan dukungan kepada pasangan Joko Widodo dan JK pada Pemilihan Presiden 2014 ini. Mereka yang tergabung dalam Tim Relawan Sang Surya menyokong penuh capres-cawapres PDIP, NasDem, PKB, dan Hanura itu karena ada sosok Jusuf Kalla.

"Kami warga Muhammadiyah yang punya hubungan emosional dengan keluarga JK tidak bisa memilih yang lain, kecuali JK tidak ikut," jelas pengurus Posko Pusat Tim Relawan Sang Surya, M. Ihsan, Kamis (22/5).

Ihsan menjelaskan, ibunda JK, Athirah, adalah pendiri dan tokoh Aisyiyah Muhammadiyah di Sulawesi Selatan. Bahkan, pengurus PP Pemuda Muhammadiyah periode 2006-2010 pernah menerbitkan biografi tentang perjuangan Athirah dalam mengembangkan Aisyiyah dan Muhammadiyah di provinsi tersebut.

"JK merupakan anak biologis Aisyiyah," ungkap mantan Ketua PP Pemuda Muhammadiyah ini.

Biografi tersebut juga menceritakan bagaimana pertemuan antara sang pemuda JK dan perempuan Minang Kabau Sumatera Barat Mufida, anak tokoh Muhammadiyah yang ditugaskan dari Mualimin Padang Panjang untuk mengajar di Makassar.

Dalam perjalanannya, Mufida tidak hanya sebatas anak biologis tokoh Muhammadiyah Sumatera Barat, tetapi ia meneruskan perjuangan sang mertua, Athirah menjadi pengurus Aisyiyah.

Menurut bekas Sekretaris Komisi Perlindungan Anak Indoensia (KPAI) ini pengabdian dan perhatian Mufida selama mendampingi JK terhadap Muhammadiyah dan Aisyiyah tiada terkira. Sampai suatu saat karena Bank Persyarikatan milik Muhammadiyah mengalami masalah dimana komisarisnya waktu itu antara lain Syafii Maarif, Din Syamsudin, Hajriyanto Tohari, terancam masuk penjara, JK yang pada waktu itu Wakil Presiden menjamin penyelesaian Bank Persyarikatan, sehingga tokoh Muhammadiyah tersebut terselamatkan.

JAKARTA - Jusuf Kalla (JK) tidak hanya menjadi bagian dari keluarga Nahdlatul Ulama (NU), tapi Wakil Presiden era Susilo Bambang Yudhoyono tahun

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News