Ada Long Weekend Lagi, Ayo ke Yogyakarta Saja

Ada Long Weekend Lagi, Ayo ke Yogyakarta Saja
Salah satu sudut Kota Jogja. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, YOGYAKARTA - Long weekeng pada April ini tidak hanya libur Paskah. Sebab, pada 22-24 April nanti juga ada long weekend.

Dan bila mau menikmati long weekend pada 22-24 April mendatang, ada baiknya mengunjungi Yogyakarta. Ada wisata menarik yang menjanjikan sensasi tersendiri di Kota Budaya ini.

Akan ada upacara adat yang sudah rutin digelar setiap tahun. Namanya upacara adat Merti Tumpeng Robyong yang digelar di bantaran Kali Code.

Melalui acara adat itu, pengunjung bisa menikmati makan bersama dengan masyarakat setempat. Sebab, acara itu memang diisi dengan makan bersama atau dahar kembul.

"Ini semua sebagai  wujud rasa syukur atas rahmat serta karunia Tuhan Yang Mahaesa selama ini," jelas Marsudi, Ketua Kampung Wisata Dewa Bronto, Jumat (14/4).

Merti Tumpeng Robyong merupakan upacara adat yang dulu berkembang di tengah-tengah masyarakat Jawa. Makna kegiatan itu adalah gelaran adat yang berfungsi menjaga kebersamaan.

Prosesi upacara adat ini dilengkapi pula dengan atraksi budaya. Seorang Resi Sungai berdoa dengan tetembangan Jawa.

Selanjutnya, prosesi diakhiri dengan menebar bibit ikan di Sungai Code yang mengalir di kawasan Kampung Wisata Dewa Bronto. Pengelola Kampung Wisata Dewa Bronto selalu berupaya menggarap atraksi ini dengan tema. Tahun ini temanya Raja Melawan Arus.

Long weekeng pada April ini tidak hanya libur Paskah. Sebab, pada 22-24 April nanti juga ada long weekend.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News