Ada Pria Korut di Balik Eksekusi Kim Jong-nam

Ada Pria Korut di Balik Eksekusi Kim Jong-nam
Kim Jong-nam. Foto: Guardian

jpnn.com - jpnn.com - Jumlah tersangka pelaku pembunuhan atas warga negara Korea Utara (Korut) Kim Jong-nam terus bertambah. Jumat malam (17/2) pihak kepolisian Malaysia menahan seorang pria yang disinyalir terlibat aksi pembunuhan terhadap kakak pemimpin tertinggi Korut Kim Jong-un itu.

Pria itu bernama Ri Jong-chol yang juga memegang paspor Korut. "Dia disinyalir terlibat dalam kematian seorang pria Korea Utara," terang pihak kepolisian Malaysia dalam pernyataan tertulisnya.

Jong-nam tewas Senin lalu (13/2) di Bandara Internasional Kuala Lumpur (KLIA). Dua perempuan juga telah menjadi tersangka dalam kasus itu. Yakni Siti Aisyah (25) asal Serang, Banten dan DoanThi Huong (28) asal Vietnam yang disangka sebagai eksekutor pembunuhan atas kakak tiri pemimpin Korut Kim Jong-un itu.

Sedangkan Ri Jong-chol (46) menjadi satu-satunya tersangka yang berasal dari Korut. Namun. nelum diketahui peran Ri dalam kasus itu. Yang jelas, polisi kini memburu tiga tersangka pria lainnya.

Dalam pemeriksaan di Polis Diraja Malaysia, Doan mengaku bahwa ada empat pria yang menyuruhnya untuk membunuh Jong-nam. Berdasar pengakuan Doan maupun Aisyah, mereka sama-sama mengira itu sebagai acara reality show untuk mengerjai orang.

Seorang perwakilan Kedutaan Korea Utara sempat terlihat mendatangi tempat Jong-chol ditahan. Tak lama kemudian, dia keluar kantor polisi tanpa memberikan keterangan sedikit pun.

Polisi pun enggan angkat bicara. Sejauh ini, belum ada keterangan lebih lanjut tentang penangkapan Jong-chol serta perannya dalam aksi tersebut.(AFP/Reuters/sha/and/c11/c10/nw)


Jumlah tersangka pelaku pembunuhan atas warga negara Korea Utara (Korut) Kim Jong-nam terus bertambah. Jumat malam (17/2) pihak kepolisian Malaysia


Redaktur & Reporter : Antoni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News