Ada Tol Mapan, Kejayaan Ekonomi Malang Raya Tinggal Menunggu Waktu

Ada Tol Mapan, Kejayaan Ekonomi Malang Raya Tinggal Menunggu Waktu
Tol Malang - Pandaan. Foto: Galih Cokro/Jawa Pos

jpnn.com, MALANG - Keberadaan Tol Malang - Pandaan alias Mapan diyakini bakal berdampak positif bagi wilayah Malang Raya di semua sektor. Namun, hal itu hanya bisa terwujud jika arah pembangunan di tiga daerah bisa disinergikan. Seperti apa pengaruhnya?

Potensi bakal melejitnya perekonomian Malang Raya dibeber pakar statistik data Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Drs Kresnayana Yahya. Hal itu disampaikan dalam seminar ”Tol Mapan: Solusi Baru, Harapan Baru, atau Masalah Baru?” yang digagas Jawa Pos Radar Malang kerja bareng Universitas Brawijaya Senin lalu (23/4).

”Tugas saya di sini memberi arahan agar potensi ekonomi bisa terwujud,” ujarnya mengawali materi.

Hadir dalam seminar Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko, Rektor UB Prof Dr Nuhfil Hanani, Ketua Governance Laboratory FIA UB Dr MR Khoirul Muluk, Direktur PT Jasa Marga Pandaan–Malang Agus Purnomo, dan dimoderatori Direktur Jawa Pos Radar Malang Kurniawan Muhammad.

Sementara peserta seminar adalah pejabat organisasi perangkat daerah (OPD) tiga Pemerintah Daerah (Pemda) Malang Raya, asosiasi bisnis, kuliner, pariwisata, properti, dan perdagangan.

BACA JUGA: Terungkap Sejumlah Fakta Menarik seputar Proyek Tol Malang - Pandaan

Kresna menjelaskan, pergeseran peningkatan perekonomian di Indonesia, bergerak cepat di wilayah timur. Maka Jawa Timur, dia melanjutkan, dapat menjadi sentra untuk perkembangan pembangunan dan peningkatan ekonomi di Indonesia Timur.

Tentu hal ini dapat terwujud jika didorong infrastruktur yang mapan. Salah satunya dengan terbangunnya tol Mapan. ”Jumlah trip ke Indonesia Timur misalnya, sudah naik dua kali lipat. Maka kalau bergerak sedikit saja, Jawa Timur akan melejit,” ucapnya.

Keberadaan tol Malang – Pandaan alias tol Mapan diyakini bakal mendongkrak perkonomian warga Malang Raya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News