Ada Yang Pilih Lebaran Senin, Menag: Kesepakatan Bersama Isbat Di Tangan Pemerintah

Ada Yang Pilih Lebaran Senin, Menag: Kesepakatan Bersama Isbat Di Tangan Pemerintah
Menteri Agama Lukman Hakim (kedua kiri) dan Ketua MUI KH Ma'ruf Amin (kedua kanan) jumpa pers sidang isbat awal syawal 1438 H di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, Sabtu (24/6). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin meminta agar Masjid Al-Marzuqiyah yang terletak di Cipinang Muara, Jaktim mengikuti ketetapan pemerintah soal Lebaran yang jatuh Minggu (25/6).

"Saya sebagai Menteri Agama mengimbau seluruh umat Islam Indonesia untuk mematuhi, menaati, kesepakatan kita bersama. Umat Islam itu diikat oleh kesepakatan yang dibuatnya sendiri. Oleh karenanya, mari sebagai muslim kita menaati kesepakatan yang kita buat sendiri," kata Lukman kepada wartawan di kantor Kemenag, Jakarta Pusat, Sabtu (24/6).

Politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu mengatakan umat Islam di Indonesia sudah sepakat bahwa kewenangan menetapkan melakukan isbat itu ada di tangan pemerintah melalui Menteri Agama.

"Kesepakatan itu ada di tangan pemerintah melalui kementerian agama setelah berkonsultasi dan bermusyawarah, dengan para ulama dan pimpinan ormas-ormas Islam," tegas Lukman.

Seperti dilansir RMOL.co (Jawa Pos Group), Pengelola Masjid Al-Marzuqiyah di Cipinang Muara, Jakarta Timur, menentukan 1 Syawal 1438 atau Lebaran jatuh pada hari Senin (26/6). Sekretaris Masjid Al-Marzuqiyah, Cholid Lutfi Tsani, menjelaskan, ketinggian bulan minimal 7 derajat untuk dapat dilihat kasatmata dan besok bisa ditetapkan sebagai IdulFitri. Hanya, dari informasi yang diterima, hingga hari ini ketinggian bulan maksimal hanya 4 derajat.(san)


Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin meminta agar Masjid Al-Marzuqiyah yang terletak di Cipinang Muara, Jaktim mengikuti ketetapan pemerintah soal


Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News