Afrika Tertarik Kembangkan CPO dari Indonesia

Afrika Tertarik Kembangkan CPO dari Indonesia
Ilustrasi petani kelapa sawit. Foto: Kaltim Post/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Keberhasilan Indonesia mengelola dan mengembangkan komoditas sawit membuat Afrika tertarik mencontoh. Afrika akan membuka lebar peluang kerja sama dan investasi.

’’Afrika ingin mendorong investasi di perkebunan kelapa sawit, terutama Afrika Barat, tempat asal kelapa sawit yang bibitnya kemudian dibawa ke Indonesia pada 1800-an,’’ ujar Direktur Corporate Affairs Asian Agri Fadhil Hasan yang baru-baru ini memenuhi undangan Afrika Oil Palm and Rubber Summit.

BACA JUGA: Ekspor CPO Tumbuh, Tetapi Belum Maksimal

Fadhil menjelaskan bahwa masyarakat Afrika Barat secara tradisional telah mengenal produk turunan kelapa sawit untuk berbagai kebutuhan.

’’Mereka familier dengan sawit. Namun, negara di kawasan tersebut, misalnya Nigeria, justru mengimpor, termasuk dari Indonesia,’’ tambahnya.

Perkebunan kelapa sawit di Afrika Barat sejatinya juga dikelola petani rakyat dan perusahaan skala besar seperti di Indonesia.

Akan tetapi, terdapat sejumlah aspek yang membedakan dengan sistem di tanah air.

’’Di sana antara petani dan perusahaan besar masih berjalan sendiri-sendiri,’’ ujar Fadhil.

Keberhasilan Indonesia mengelola dan mengembangkan komoditas sawit membuat Afrika tertarik mencontoh. Afrika akan membuka lebar peluang kerja sama dan investasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News