Ahmad Basarah: Spirit Olahraga Bangun Sportivitas Bangsa

Ahmad Basarah: Spirit Olahraga Bangun Sportivitas Bangsa
Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah. Foto: MPR

jpnn.com, MALANG - Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah mengatakan, spirit olahraga adalah menciptakan sikap sportifvitas sebagai nilai utama.

Menurut dia, sportivitas memiliki arti sikap adil dan jujur terhadap lawan serta sikap bersedia mengakui keunggulan lawan.

Basarah menambahkan, saat ini bangsa Indonesia tengah mengalami ujian sportivitas dalam tikungan tajam demokrasi pemilu presiden dan pemilu legislatif tanggal.17 April lalu.

Masih diuji di lapangan apakah pihak yang kalah dapat secara sportif menerima dan mengakui kekalahannya atau tidak.

Basarah menyampaikan hal itu dalam Sosialisasi 4 Pilar MPR RI bertajuk Peran Dunia Olah Raga Dalam Memperkukuh Semangat Kebangsaan Indonesia bersama Persatuan Bulu Tangkis se-Malang Raya (PBMR) di Malang, Jawa Timur, Minggu (21/4).

Legislator asal daerah pemilihan Malang Raya itu menambahkan, olahraga tidak hanya membuat tubuh dan mental sehat, melainkan juga kental dengan nilai-nilai filosofi.

Dalam dunia olah raga selalu ada yang namanya kompetisi. Dalam sebuah kompetisi itu tentu saja ada pihak yang menang dan kalah.

Segenap insan olahraga paham betul bahwa asas penting dalam kompetisi adalah fairness, mematuhi regulasi yang ada, menjunjung tinggi moral, keadilan dan jiwa sportivitas.

Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah mengatakan, spirit olahraga adalah menciptakan sikap sportifvitas sebagai nilai utama.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News