Air Mancur Taman Sri Baduga Dongkrak UMKM

Air Mancur Taman Sri Baduga Dongkrak UMKM
Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - jpnn.com - Bupati Purwakarta H Dedi Mulyadi SH benar-benar mengerjakan dengan hati hingga tahap ke-3 Taman Air Mancur Menari Sri Baduga di pusat Kota Purwakarta, Sabtu 18 Februari 2017 itu diresmikan Menpar Arief Yahya.

Bupati muda kelahiran Sukasari, Subang, 11 April 1971 yang akrab dipanggil Kang Dedi itu runtut menyampaikan filosofi taman air mancur yang terbesar di Asia Tenggara itu. Selama 8 menit, di hadapan sekitar 5000 pasang mata, dia mengupas kedalaman makna taman yang menjadi destinasi wisata kelas dunia itu.

“Tidak mungkin ada Pariwisata, jika tidak berangkat dan berakar dari budaya. Saya orang Sunda, karena itu, saya berangkat dari Budaya Sunda!” kata Dedi Mulyadi, mengenakan baju baju Pangsi dan Sarung khas Sunda warna putih, dengan udeng kepala warna putih pula.

Kang Dedi pun bercerita tentang asal muasal nama Taman “Sri Baduga” yang sedang nge-hits di dunia media sosial itu. Dia menyebut Sri Baduga Maharaja adalah sama lain dari Prabu Siliwangi, atau Ratu Jayadewata, putra Prabu Dewa Niskala, putra Mahaprabu Niskala Wastu Kancana. Audience baru ngeh, mengapa ada empat patung singa mengaum mengelilingi Sri Baduga di tengah Situ Buleud itu.

Sejak abad 15, kata Kang Dedi, Prabu Siliwangi sudah mengajarkan hidup alam bingkai toleransi, kebersamaan, keberagaman, sama derajad di hadapan Tuhan. Karena itu, dia menyebut Orang Sunda itu sangat toleran.

“Kalau tidak bisa hidup bertoleransi, berarti bukan pewaris tahta budaya Sunda,” jelas Dedi Mulyadi

Apa kaitan toleransi dengan air menari? Kang Dedi yang sudah dua kali menjabat Bupati Purwakarta itu pun memperdalam filosofi ceritanya.

“Toleransi itu berangkat dari kisah air. Air itu fleksibel, bisa berubah bentuk sesuai tempatnya. Air itu menentramkan, menyejukkan, mendamaikan. Tetapi jangan coba-coba mempermainkan air, bisa dahsyat daya rusaknya!” kata Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat Periode 2016 – 2020 ini.

Bupati Purwakarta H Dedi Mulyadi SH benar-benar mengerjakan dengan hati hingga tahap ke-3 Taman Air Mancur Menari Sri Baduga di pusat Kota Purwakarta,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News