Air Mata di Medali Kehormatan Joe Biden

Air Mata di Medali Kehormatan Joe Biden
Barack Obama mengalungkan medali kepada Joe Biden. Foto: AFP

jpnn.com - jpnn.com -Pasangan Barack Obama-Joe Biden lain dibanding pasangan Presiden dan Wakil Presiden sebelumnya. Banyak media menyebut hubungan Obama dan Biden; bromance alias brother romance.

Kebersamaan Obama dan Biden sebagai presiden dan wakil presiden di Gedung Putih bakal berakhir pekan depan. Kamis malam waktu setempat (12/1), Obama mengukuhkan persahabatan mesranya dengan Biden lewat sebuah penghargaan bernama Medal of Freedom. Itu menjadi kejutan terbaik dan tersukses yang diberikan Obama untuk politikus 74 tahun tersebut.

Karena tuntutan pekerjaan, seorang presiden memang harus dekat dengan wakilnya. Namun, apa yang ditunjukkan Obama dan Biden lebih dari itu. Keduanya tidak segan mempertontonkan interaksi yang lebih menyerupai sahabat.

Di hadapan media dan para penghuni Gedung Putih yang berkumpul di State Dinning Room, Obama menyampaikan penghargaannya untuk Biden. Sebelumnya, dia berbicara panjang lebar tentang sang wakil yang sudah mendampinginya selama delapan tahun masa kepresidenan. ’’Wakil presiden terbaik yang pernah Amerika miliki,’’ katanya tentang sang partner. Tepuk tangan pun langsung membahana di dalam ruangan.

Sepanjang pidato Obama, Biden lebih banyak melipat dua tangannya di dada atau menopang dagunya dengan tangan kirinya. Sesekali, dia terlihat mengusap pipinya yang basah oleh air mata. Dia juga sengaja berkali-kali berkedip dan menengadahkan kepala untuk menahan air matanya. Saat tangisnya tak terbendung, dia balik kanan dan mengambil sapu tangan putih dari saku belakang celananya untuk mengusap air mata.

Ketika Obama memanggil petugas yang membawa Medal of Freedom ke panggung, suami Jill tersebut terlihat emosional. ’’Jadi, Joe, atas kesetiaanmu terhadap rakyat Amerika, untuk cintamu pada negeri ini dan untuk pengabdianmu yang akan terus dikenang oleh semua generasi, saya memanggil ajudan militer ke panggung,’’ kata Obama. Untuk kali kedua, Biden balik kanan dan mengusap air matanya dengan membelakangi media.

’’Di akhir masa jabatan saya sebagai presiden, dengan senang hati, saya menganugerahkan penghargaan sipil tertinggi. Yakni, medali kepresidenan Medal of Freedom untuk kakak saya, Joseph Robinette Biden Jr,’’ kata Obama.

Semua orang yang hadir di dalam ruangan itu langsung berdiri dan bertepuk tangan. Selama sekitar satu menit, tepuk tangan masih terdengar.

Pasangan Barack Obama-Joe Biden lain dibanding pasangan Presiden dan Wakil Presiden sebelumnya. Banyak media menyebut hubungan Obama dan Biden; bromance

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News