Akom Protes, DPR Kok Terus Digebukin 'Orang Dalam'

Akom Protes, DPR Kok Terus Digebukin 'Orang Dalam'
Ketua DPR Ade Komarudin (ketiga kanan) usai diskusi bersama wartawan Koordinatoriat Parlemen RI (MPR/DPR/DPD RI), di Batam, Jumat (27/5) malam. FOTO: Friederich Batari/JPNN.com

jpnn.com - BATAM – Ketua DPR RI Ade Komarudin mengatakan lembaga yang dipimpinnya sudah cukup lama hancur karena terus-menerus digebuk. Pihak yang menggebuki, menurut Ade, bukan orang luar, tapi wartawan yang sehari-hari juga meliput di kawasan Senayan.

“DPR ini hancur lebur sudah bertahun-tahun. Yang gebukin, teman-teman juga. Tapi saya belum frustasi mengahadapi gebukan demi gebukan dan kini sedang mencari cara memperbaikinya,” kata Ade kepada jurnalis yang tergabung dalam Koordinatoriat Wartawan DPR RI, di Kota Batam, Jumat (27/5) malam.

Sebagai contoh, kata dia, pemberitaan terkait pembuatan undang-undang. Menurut Akom sapaan Ade Komarudin, ketika baru satu bulan dirinya menjabat Ketua DPR, meluncur berita dari berbagai media yang menuding bahwa tak satu pun undang-undang yang selesai.

“Mana mungkin dalam masa 30 hari saya jadi Ketua DPR lalu bisa menghasilkan undang-undang. Padahal semua RUU yang kini ada di lembaga legislatif itu mayoritas peninggalan DPR periode sebelumnya. Untuk berita yang satu itu saya protes wartawan,” tegas Akom.

Akom mengakui, salah satu penyebab lambatnya penyelesaian pembahasan RUU menjadi UU karena terbentur dengan masalah sumber daya manusia di internal DPR.

“Ini resiko dari pemilihan langsung. Banyak orang bagus tapi tak terpilih dan banyak yang kurang bagus bisa terpilih mewakili rakyat di DPR. Ini tentunya tugas partai politik untuk memperbaikinya agar tidak semata-mata soal dapat suara tapi juga kualitas kader yang dikirim ke Parlemen," ujarnya.

Lebih lanjut, Akom menyebut kualitas wakil rakyat di zaman orde baru lebih berkualitas di banding dengan hasil pemilihan langsung di era reformasi. "Saya bandingkan anggota DPR pada zaman orde baru lebih bagus dibanding hasil pemilihan langsung sekarang," tegasnya.

Oleh karena itu, anggota DPR dari daerah pemilihan Jawa Barat VII mengajak wartawan untuk bersama-sama memperkuat DPR.

BATAM – Ketua DPR RI Ade Komarudin mengatakan lembaga yang dipimpinnya sudah cukup lama hancur karena terus-menerus digebuk. Pihak yang menggebuki,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News