Aksi Unik Menyambut Ramadan, Tradisi Magengan Berebut Telur Mimi

Aksi Unik Menyambut Ramadan, Tradisi Magengan Berebut Telur Mimi
RELA BERDESAK-DESAKAN : Warga Kaliwungu lebih memilih mencari telur ikan pari yang direbus atau biasa disebut telur mimi dalam tradisi Megengan. Karena adanya hanya setahun sekali menjelang bulan Ramadan. Foto BUDI SETYAWAN/RADAR SEMARANG/JPNN.com

jpnn.com, SEMARANG - Tidak hanya daerah lain yang memiliki tradisi unik menyambut Ramadan. Di Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah juga punya kebiasaan tidak kalah uniknya.

Oleh warga setempat disebut Tradisi Megengan. Yakni pasar rakyat yang menjual berbagai aneka makanan yang dipusatkan di halaman Masjid Agung Kaliwungu, Jumat (26/5). Seperti diketahui, puasa pertama jatuh pada Sabtu (27/5).

Radar Semarang (Jawa Pos Group), Sabtu (27/5) melaporkan, tradisi pasar rakyat ini sebagai penanda akan datangnya bulan puasa bagi warga Kaliwungu.

Sekaligus pemberian kabar bagi umat muslim di Kaliwungu untuk melaksanakan puasa esok hari.

Sedangkan jajajan khas tradisional dipasarkan, namun yang paling banyak dicari adalah telur mimi alias telur ikan pari yang direbus.

Telur ini, menurut cerita hanya ada saat digelar tradisi Megengan. Sebab ikan pari bertelurnya hanya menjelang bulan Ramadan.

Untuk mendapatkan sebungkus telur mimi, warga harus berdesak-desakan. Selain telur mimi, jajanan yang menjadi incaran warga adalah ketupat sumpil.

Yakni ketupat berukuran kecil berbentuk segitiga yang dimakan menggunakan sambel kelapa.

Tidak hanya daerah lain yang memiliki tradisi unik menyambut Ramadan. Di Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah juga punya kebiasaan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News