Aksi Warga Australia Berpidato Bahasa Indonesia

Aksi Warga Australia Berpidato Bahasa Indonesia
Aksi Warga Australia Berpidato Bahasa Indonesia
Aksi Warga Australia Berpidato Bahasa Indonesia

Sejumlah warga Australia yang belum pernah tinggal di Indonesia sebelumnya, berpartisipasi dalam lomba pidato berbahasa Indonesia. Pemenangnya akan diundang untuk menghadiri Upacara Peringatan Kemerdekaan RI di Istana Merdeka, Jakarta, Agustus mendatang.

Di kebanyakan lomba, biasanya suasana tegang dan serius sangat terasa. Tapi di kantor Konsulat Jenderal RI di Melbourne, Senin (22/05/2017) terasa berbeda. Acara dibuka dengan menikmati hidangan jajanan khas Indonesia.

Risoles, dadar gulung, kopi, dan teh, disajikan kepada para peserta yang pada hari itu akan menyampaikan pentingnya belajar bahasa Indonesia bagi warga Australia.

Lomba Pidato digelar oleh Balai Bahasa dan Budaya Indonesia dan KJRI Melbourne ini tidak hanya untuk menguji kemampuan berbahasa Indonesia, tapi juga mendorong hubungan baik antar budaya.

Sejumlah laporan menyebutkan jika minat belajar bahasa Indonesia sudah menurun di Australia.

Tapi, pihak penyelenggara berharap justru lewat diadakannya lomba seperti ini akan mendorong lebih banyak warga Australia untuk belajar bahasa Indonesia.

Salah satu juri, Lily Djajamihardja, yang telah mengajar bahasa Indonesia selama lebih dari 30 tahun mengatakan penurunan minat ini sebenarnya bukanlah hal baru.

Sejumlah warga Australia yang belum pernah tinggal di Indonesia sebelumnya, berpartisipasi dalam lomba pidato berbahasa Indonesia. Pemenangnya akan diundang untuk menghadiri Upacara Peringatan Kemerdekaan RI di Istana Merdeka, Jakarta,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News