Al Gore: Atasi Perubahan Iklim perlu Ambisi dan Keberanian

Al Gore: Atasi Perubahan Iklim perlu Ambisi dan Keberanian
Diskusi panel tentang Inspirasi Aksi Iklim Ambisius di Australia dan Asia Pasifik yang dihadiri 800 peserta dalam Pelatihan Korps Kepemimpinan Climate Reality di Brisbane, Australia 5-7 Juni 2019. Foto IST

jpnn.com, JAKARTA - Pemenang Hadiah Nobel Perdamaian dan Mantan Wakil Presiden Amerika Serikat Al Gore menuturksn untuk mengatasi ancaman perubahan iklim yang ada, kita perlu berpikir lebih besar dan lebih berani di semua lapisan masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Al Gore ketika menjadi moderator saat diskusi panel “Inspirasi Aksi  Iklim Ambisius di Australia dan Asia Pasifik’ yang dihadiri 800 peserta dalam Pelatihan Korps Kepemimpinan Climate Reality di Brisbane, Australia 5- 7 Juni.

Pelatihan ini menampilkan pejabat terpilih, pemimpin bisnis, pakar komunikasi dan ilmuwan ternama, yang memberikan keterampilan dan pengetahuan untuk mengatasi krisis iklim dan mencari solusi yang adil bagi berbagai lapisan masyarakat.

Al Gore meminta para narasumber diskusi panel, yaitu pemimpin dari berbagai sektor dan geografi di Australia dan Asia Pasifik untuk berbagi informasi dalam menghadapi tantangan dan hal-hal yang diperlukan untuk membuat aksi iklim yang ambisius menjadi kenyataan. 

Mereka adalah Dr. Amanda Katili Niode, Manager The Climate Reality Project Indonesia yang juga merupakan Ketua Tim Ahli Utusan Khusus Presiden untuk Perubahan Iklim; Fred Gela, Walikota Torres Strait Island, Australia; Dr. Steven Miles MP, Menteri Kesehatan Queensland; serta Anna Skarbek, CEO, ClimateWorks Australia.

Di Australia dan kawasan Asia-Pasifik pada umumnya, dampak iklim seperti gelombang panas yang memecahkan rekor tahun ini di Australia, naiknya permukaan laut, kekeringan, banjir, kebakaran hutan dan musim yang semakin tidak menentu menimbulkan kesehatan dan ancaman eksistensial bagi warga, terutama masyarakat adat.

Meningkatnya suhu lautan dan pengasaman membahayakan beberapa ekosistem laut paling beragam di dunia, serta berdampak buruk bagi pasokan pangan, budaya, dan mata pencaharian satu miliar penduduk.

Para narasumber kemudian menyampaikan tantangan perubahan iklim, serta kegiatan untuk menyikapinya baik dari sisi program maupun kebijakan.

The Climate Reality Project, yang didirikan oleh Al Gore adalah sebuah jaringan global dengan 19 ribu relawan climate reality leaders di 152 negara yang telah memperoleh pelatihan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News