Alamak, Dua Pekan Setelah Lebaran Pasangan Banyak yang Daftar Pengin Cerai

Alamak, Dua Pekan Setelah Lebaran Pasangan Banyak yang Daftar Pengin Cerai
Cerai. Ilustrasi Foto: pixabay

jpnn.com, BATAM - Baru dua minggu usai Lebaran, Pengadilan Agama Kelas IB Batam kembali ramai didatangi pasangan yang hendak mengahiri biduk rumah tangga mereka.

Data terbaru dari kantor pengadilan Agama, setidaknya ada 90 kasus telah terdaftar selama Juli 2017 ini.

"Memasuki minggu kedua ini sudah banyak yang daftar untuk cerai," kata Panitera Hukum Muda, Badrianus kepada Batam Pos (Jawa Pos Group), Selasa (18/7).

Badrianus menjelaskan bila dibandingkan selama Juni lau, angka perceraian mengalami peningkatan dari 72 kasus 90 kasus padahal bulan Juli masih berada di minggu kedua.

Meningkatnya angka pengajuan cerai tidak terlepas dari berbagai permasalahan, saat ini permasalahan yang mendominasi adalah perekonomian. Sebelumnya penyebab perceraian didominasi karena orang ketiga.

"Ada perubahan yang terjadi, mungkin karna kebutuhan tidak terpenuhi sehingga mereka beramai-ramai mengajukan gugatan cerai," terangya.

Pengadilan sendiri memiliki beberapa tahap sebelum putusan cerai, pihaknya tidak serta-merta mengabulkan permintaan cerai yang diajukan baik dari wanita ataupun pria.

Ada yang namanya proses mediasi, dimana kedua orang yang pernah mengikat janji suci ini dicoba disatukan kembali melalui beberapa nasehat dan pandangan, terutama bagi mereka yang telah memiliki anak.

Baru dua minggu usai Lebaran, Pengadilan Agama Kelas IB Batam kembali ramai didatangi pasangan yang hendak mengahiri biduk rumah tangga mereka.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News