Alat ADS-B ini gak Kalah dengan Buatan Luar Negeri loh

Alat ADS-B ini gak Kalah dengan Buatan Luar Negeri loh
Bandara. Ilustrasi. Foto dok JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memberi persetujuan penerbitan sertifikat tipe untuk perangkat Automatic Dependent Surveillance Broadcast (ADS-B), yang diproduksi PT Industri Telekomunikasi Indonesia (INTI).

ADS-B merupakan peralatan yang digunakan untuk pengamatan atau pendeteksian posisi pesawat, sehingga bisa muncul di layar sistem ATC Automasi dan digunakan petugas ATC untuk melakukan pengendalian lalulintas penerbangan.

Melalui sertifikat tipe ini, maka ADS-B Groundstation AGS-216 produksi PT INTI dinyatakan layak untuk dioperasikan sebagai peralatan pengamatan penerbangan di Indonesia

Dirjen Perhubungan Udara Agus Santoso mengatakan, saat ini sudah terpasang 30 ADS-B di wilayah Indonesia.

“Akan kami pasang lagi tujuh unit memakai produksi dalam negeri ini untuk wilayah Papua, terutama untuk mengetahui pergerakan dan memandu pesawat yang terbang di bawah 29 ribu kaki,” ujar Agus di Kemenhub, Rabu (15/3).

Menurut Agus, ADS-B buatan dalam negeri ini tidak kalah kualitasnya dengan produksi luar negeri.

“Pemberian sertifikat ini dilakukan setelah ADS-B ini lolos dari pengujian yang dilakukan sejak 2012 di Bandara Ahmad Yani Semarang dan Bandara Husein Sastranegara Bandung,” tutur Agus.(chi/jpnn)

 


Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memberi persetujuan penerbitan sertifikat tipe untuk perangkat Automatic Dependent Surveillance Broadcast (ADS-B),


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News