Alat ini Bisa Tingkatkan Hasil Tangkapan Nelayan Hingga 5 Kali

Alat ini Bisa Tingkatkan Hasil Tangkapan Nelayan Hingga 5 Kali
Nelayan. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terus berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya nelayan.

Inovasi dan teknologi untuk memudahkan nelayan dalam menangkap ikan terus dikembangkan.

Adalah LEDikan, sebuah alat untuk memikat ikan dengan menggunakan lampu LED (Light-Emitting Diode) dengan desain dan spesifikasi khusus yang digunakan untuk membantu nelayan memperoleh ikan.

Alat ini digagas oleh Agus Cahyadi, Peneliti Badan Riset dan SDM Kelautan dan Perikanan (BRSDM KP), Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Karena penemuannya ini, Agus diganjar penghargaan dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Ristekdikti), yang diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla pada acara peringatan Hari Teknologi Nasional (Harteknas) hari ini, Kamis (10/8) di Makasar, Sulawesi Selatan.

Dia berharap dengan teknologi LEDikan yang dia ciptakan mampu meningkatkan kesejahteraan nelayan melalui peningkatan produktivitas tangkapannya.

”Saya ciptakan alat ini untuk bisa membantu nelayan memperoleh hasil tangkapan yang lebih banyak, penemuan alat ini sudah dari 2013 dan sudah mulai diproduksi masal sejak 2016 lalu,” ujar Agus saat ditemui di Jakarta pada Rabu (9/8).

Meskipun sederhana, inovasi penemuan Agus sangat aplikatif dan bermanfaat bagi nelayan. Faktanya, nelayan yang menggunakan lampu LEDikan mampu meningkatkan hasil tangkapannya hingga 5 kali lipat.

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terus berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya nelayan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News