Alhamdulillah! Arab Saudi Buka Perbatasan untuk Calon Jamaah Haji Qatar

Alhamdulillah! Arab Saudi Buka Perbatasan untuk Calon Jamaah Haji Qatar
Kakbah. Foto: AFP

jpnn.com, RIYADH - Calon jamaah haji asal Qatar bisa sedikit bernafas lega. Pasalnya, Raja Arab Saudi Salman sudah memerintahkan pembukaan perbatasan Arab-Qatar agar mereka bisa menjalankan ibadah.

Sejak Arab Saudi, serta Mesir, Bahrain, dan Uni Emirat Arab, memblokade Qatar, perbatasan Salwa yang merupakan pintu masuk antara Qatar-Saudi, juga ditutup. Sejak 5 Juni lalu hubungan mereka putus seiring dugaan Qatar mendukung kelompok ekstrimis Islam.

Pengumuman pembukaan kembali perbatasan untuk calon jamaah haji Qatar tiba setelah Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman, menerima utusan dari Doha. Dilansir Saudi Press Agency, itu adalah pertemuan level tinggi pertama sejak Qatar diputus hubungan oleh Arab Saudi dan tetangganya.

”Raja sudah memberikan izin masuk untuk calon jamaah haji Qatar ke Kerajaan Arab Saudi lewat perbatasan Salwa untuk menjalankan ibadah haji. Semua warga negara Qatar yang berniat menjalankan ibadah haji juga diizinkan masuk tanpa izin elektronik,” ujar pernyataan resmi kerajaan.

Selain itu, Raja Salman juga memerintahkan pesawat-pesawat Arab Saudi ke Bandara Doha untuk membawa semua jamaah haji Qatar.

Ditambahkan kantor berita resmi Aran Saudi tersebut, Putra Mahkota mengarisbawahi mengenai hubungan bersejarah antara Saudi dengan rakyat Qatar setelah dia bertemu dengan Sheik Qatar, Abdullah bin Ali bin Abdullah bin Jassim al-Thani.

Bulan lalu Arab Saudi mengatakan kalau warga Qatar yang ingin beribadah haji akan diizinkan masuk, namun dengan berbagai batasan. Termasuk, bila mereka naik pesawat maka maskapai penerbangannya harus mendapatkan persetujuan dari Riyadh.

Qatar pun menuduh Arab Saudi sudah mempolitisasi haji dan mengancam keamanan calon jamaah haji mereka. (tia/The guardian/JPC)


Calon jamaah haji asal Qatar bisa sedikit bernafas lega. Pasalnya, Raja Arab Saudi Salman sudah memerintahkan pembukaan perbatasan Arab-Qatar


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Jawapos.com

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News