Alsintan Bikin Masa Depan Pertanian Brebes Cerah

Alsintan Bikin Masa Depan Pertanian Brebes Cerah
Ilustrasi alsintan. Foto: Kementan

jpnn.com, BREBES - Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, memiliki potensi yang begitu besar di sektor pertanian. Dari situ, banyak memproduksi beberapa komoditas pertanian, mulai tanaman pangan, hortikultura dan perkebunan.

Oleh karena itu, dukungan alat mesin pertanian (alsintan) menjadi kebutuhan mendesak guna meningkatkan produksi hasil pertanian, yang pada muaranya adalah peningkatan kesejahteraan petani.

“Kabupaten Brebes telah mendukung ketahanan pangan regional dan nasional. Utamanya komoditas padi dan bawang merah yang menjadi ikon Kabupaten Brebes, terpenuhinya Alsintan tentu akan lebih meningkatkan hasil pertanian,” ucap Bupati Brebes Idza Priyanti, Senin (25/3).

Menurut dia, Brebes telah menyumbang sekitar 20 persen dari produksi bawang merah nasional.

Pemberian bantuan alsintan, kata Idza, sesuai anggaran Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2017-2022. Ada lima program utama berkaitan langsung dengan masyarakat petani.

Yakni, program peningkatan ketahanan pangan, program pemberdayaan penyuluh pertanian/perkebunan, program peningkatan produktivitas tanaman pangan, program peningkatan produktivitas hortikultura dan perkebunan, serta program pengelolaan sumber daya lahan dan sarana prasarana pertanian.

“Pemberiaan bantuan alsintan juga dalam rangka efisiensi usaha tani pertanian dan menjawab kelangkaan tenaga kerja yang bergerak di pertanian,” jelasnya.

Dirinya pun berharap, dengan bantuan alsintan petani akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar dan efisiensi waktu.

Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, memiliki potensi yang begitu besar di sektor pertanian. Dari situ, banyak memproduksi beberapa komoditas pertanian, mulai tanaman pangan, hortikultura dan perkebunan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News