Amankah Minum Wedang Jahe Setiap Hari?

Amankah Minum Wedang Jahe Setiap Hari?
Jahe. Foto IST

jpnn.com - Setiap orang memiliki minuman favorit untuk menghangatkan tubuh di musim hujan. Ada yang menyesap secangkir kopi atau teh.

Namun, bagi mereka yang kurang nyaman dengan efek dari minum kopi atau teh, wedang jahe bisa menjadi pilihan.

Wedang jahe merupakan minuman khas Indonesia berbahan dasar jahe. Cara membuatnya sangat sederhana yaitu merebus air dengan jahe, gula merah, dan potongan batang serai selama sepuluh menit.

Setelah itu, Anda bisa menikmati wedang jahe di tengah udara dingin. Namun, amankah minum wedang jahe setiap hari?

Pada dasarnya, Anda bisa menikmati wedang jahe setiap hari. Jahe mendatangkan banyak manfaat bagi kesehatan. Sebuah hasil penelitian yang dimuat di World Journal of Gastroenterology menyatakan, ekstrak jahe yang diberikan pada pasien dengan penyakit lambung, seperti dispepsia, bisa membantu pengosongan lambung dan pengeluaran gas.

Hal tersebut menyebabkan keluhan pasien seperti perut kembung, mual, dan begah berkurang. Pada wanita hamil, terutama di trimester pertama, konsumsi jahe bisa membantu mengurangi gejala mual dan muntah (morning sickness).

Selain bermanfaat terhadap saluran pencernaan, jahe juga berkhasiat membantu mengurangi nyeri pada beberapa kondisi penyakit, seperti radang sendi (osteoartritis), nyeri akibat menstruasi (dismenore), dan nyeri punggung bawah (low back pain).

Jahe juga bisa membantu meringankan sakit kepala seperti migrain. Pada ibu menyusui, konsumsi wedang jahe dapat membantu meningkatkan produksi air susu ibu (ASI).

Seperti diketahui, jahe mendatangkan banyak manfaat bagi tubuh. Namun, apakah baik jika dikonsumsi setiap hari?

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News