Amien Rais Minta Menteri Asman Mundur, PAN Tergantung Keinginan Jokowi

Amien Rais Minta Menteri Asman Mundur, PAN Tergantung Keinginan Jokowi
Wakil Ketua Umum PAN Hanafi Rais. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Ahmad Hanafi Rais Suryosudarmo mengaku sudah mendengar permintaan dari Amien Rais agar Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN dan RB) Asman Abnur mundur dari kabinet.

Namun, Hanafi yang juga putra Amien Rais itu menganggap keputusan Asman keluar atau bertahan di Kabinet Kerja tetap tergantung pada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Saya sudah membaca dan melihat berita tersebut secara online tapi saya kira secara formal yang namanya meminta tetap atau tidak di kabinet itu tetap kembali pada presiden sendiri," kata Hanafi di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (24/7).

Wakil Ketua Komisi I DPR itu menambahkan, permintaan Amien yang juga ketua Dewan Kehirmatan PAN justru bisa menjadi masukan bagi Presiden Jokowi. “Karena ketika PAN bergabung juga sebenarnya untuk propemerintah," katanya.

Hanafi menambahkan, rehusffle kabinet tetap tergantung kemauan presiden. Sebab, kata Hanafi, dari awal PAN bergabung memang untuk memperkuat pemerintah.

Apalagi waktu itu Presiden Joko Widodo pula yang berinisiatif mengajak PAN bergabung dengan pemerintahan saat ini.
"Jadi saya pikir kembali pada presiden mau seperti apa tentang PAN di kabinet ini. Kita tidak bisa mengintervensi dan kita tidak bisa mendesak-desak," katanya.

Meski demikian Hanafi menegaskan, tujuan PAN bergabung dan mendukung pemerintah adalah untuk melakukan kerja-kerja politk yang mengedepankan kepentingan rakyat. "Kalau kemudian ada hal-hal yang harus dikoreksi ya tentu koalisi rakyat itu yang harus diutamakan," ujarnya.(boy/jpnn)


Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Ahmad Hanafi Rais Suryosudarmo mengaku sudah mendengar permintaan dari Amien Rais agar Menteri Pendayagunaan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News