Anak Buah SBY Minta Pemerintah Buka Data TKA Tiongkok

Anak Buah SBY Minta Pemerintah Buka Data TKA Tiongkok
Wakil Ketua DPR Agus Hermanto. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - JPNN.Com - Wakil Ketua DPR Agus Hermanto meminta pemerintah segera menuntaskan persoalan tenaga kerja asing (TKA) ilegal asal Tiongkok. Politikus Partai Demokrat (PD) itu meyakini membanjirnya TKA ilegal sebagai imbas kebijakan bebas visa.

Agus menyebutkan, banyak kasus yang terungkap di berbagai daerah menunjukkan para sebagian besar TKA ilegal menyalahgunakan visa turis untuk mencari di Indonesia. Karenanya dia meminta pemerintah membuka data jumlah TKA.

"Kami mendorong pemerintah agar ini diselesaikan secara tuntas, transparan dan akuntabel dengan keterangan yang jelas. TKA yang ilegal banyak ditemukan. Harus ada data yang jelas," kata Agus di Kompleks Parlemen Jakarta, Selasa (27/12).

Dia menegaskan, pemerintah harus mewaspadai serbuan TKA Tiongkok. Sebab, di Tiongkok semakin banyak pengangguran akibat kemajuan teknologi industri yang tidak lagi mengutamakan tenaga manusia.

Agus menegaskan, persoalan TKA ilegal membuat masyarakat di tanah air waswas. Terlebih para pekerja asing merebut kesempatan bekerja warga lokal, bahkan termasuk untuk pekerjaan kasar.

"Sedangkan nuansa batin di Indonesia sekarang ini kan kita banyak membutuhkan lapangan pekerjaan. Apabila sektor formal yang memang bisa dilakukan masyarakat di Indonesia, tentu sebaiknya dilakukan masyarakat kita," ujar adik ipar Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu.(fat/jpnn)


JPNN.Com - Wakil Ketua DPR Agus Hermanto meminta pemerintah segera menuntaskan persoalan tenaga kerja asing (TKA) ilegal asal Tiongkok. Politikus


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News