Andai Jenderal Gatot Vs Habib Rizieq Bersaing di Pilpres, Pemenangnya....

Andai Jenderal Gatot Vs Habib Rizieq Bersaing di Pilpres, Pemenangnya....
Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab (tengah) bersama Wakil Ketua Komisi III DPR Trimedya Pandjaitan saat Aksi 212 di depan Kompleks Parlemen, Senayan, Selasa (21/2). Foto: dokumentasi Komisi III DPR

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Ujang Komarudin ‎ menyodorkan simulasi menarik untuk Pemilu Presiden (Pilpres) 2019. Direktur eksekutif Indonesia Political Review (IPR) itu memasang nama Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab sebagai calon presiden untuk Pemilu 2019.

Menurut Ujang, baik Gatot ataupun Habib Rizieq sama-sama memiliki pendukung fanatik. Gatot, kata Ujang, paling tidak memperoleh dukungan dari keluarga TNI. Sedangkan Rizieq, bisa memanen dukungan dari FPI dan simpatisannya.

Namun, Ujang menyebut Gatot bakal lebih unggul dibanding Rizieq. "Gatot itu tentara, dan masyarakat juga rindu dengan sosok tentara, kemudian Gatot juga dekat dengan ulama juga," ujar Ujang seperti diberitakan JawaPos.com, Senin (7/8).

Apalagi, lanjut Ujang, belakangan ini Gatot juga rajin turun ke daerah menemui berbagai kelompok masyarakat. “Jadi itu poin gambaran bersosialisasi juga," tambahnya.

Selain itu, keunggulan Gatot dibanding Rizieq adalah soal kasus hukum. Gatot sejauh ini tak terseret kasus hukum.

Sedangkan Rizieq, sebut Ujang, pernah menjadi narapidana dan kini juga terjerat sejumlah kasus hukum. "Jadi beliau (Habib Rizieq) terbebani ‎dengan kasus kriminalisasi tersangka," katanya.

Kendati demikian, apabila semua kasusnya klir dan dihentikan oleh pihak kepolisian, maka Habib Rizieq bisa menjadi penantang bagi Presiden Joko Widodo. Apalagi Aksi Bela Islam sudah terbukti melambungkan nama Rizieq. "Memang tokoh diperhitungkan juga ini Habib Rizieq," ungkapnya.

Namun demikian, peluang Rizieq untuk lolos dari jerat hukum memang kecil. Sebab, polisi kemungkinan tak akan mau menghentikan kasus yang menjerat Rizieq. "Memang di Indonesia begitu kalau ada orang besar yang menjadi ancaman maka akan ditaklukkan," pungkasnya.(cr2/JPC)


Pengamat politik Ujang Komarudin ‎ menyodorkan simulasi menarik untuk Pemilu Presiden (Pilpres) 2019. Direktur eksekutif Indonesia Political


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News