Andik Punya Mimpi Jelajahi Australia

Andik Punya Mimpi Jelajahi Australia
Andik (kiri) bersepeda bersama Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi di dekat posko bencana banjir dan longsor, Limapuluh Kota. Foto: Fajar/Padang Ekspres/JPNN.com

jpnn.com, PAYAKUMBUH - Bermodal sepeda gunung, sampai Sabtu (11/3) sudah 365 kabupaten/kota di 29 provinsi yang disinggahinya.

Raden Andik Jaya Prawira, 72, pensiun sebagai pegawai kehutanan, memang getol menyampaikan pesan melestarikan hutan. Kakek 12 cucu itu dinobatkan sebagai Duta Rimba Indonesia.

FAJAR RILLAH VESKY—Payakumbuh

SPANDUK bertuliskan "Selamat Datang Kang Andik, Duta Rimba Indonesia" terbentang di depan Posko Tanggap Darurat Banjir dan Longsor Limapuluh Kota, persisnya di eks kantor bupati, Jalan Sudirman, Payakumbuh, Sumbar, Sabtu lalu (11/3).

Meski sisa hujan masih turun, tapi puluhan orang berseragam putih-putih bertuliskan Ikatan Alumni Sekolah Kehutanan Menengah Atas (IKA- SKMA), tetap semangat membentang spanduk itu.

Tepat di tengah spanduk mereka, seorang lelaki tua, berjambang lebat di wajahnya, menyapa Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi, dengan hangatnya.

Irfendi yang berada di posko tanggap darurat, dengan wajah mulai lelah, karena setiap malam begadang mengurus korban bencana alam di daerahnya, seolah mendapat energi baru dengan kehadiran lelaki tua bernama lengkap Raden Andik Jaya Prawira itu.

Raden Andik yang biasa disapa Kang Andik oleh juniornya di SKMA, merupakan Duta Rimba Indonesia.

Bermodal sepeda gunung, sampai Sabtu (11/3) sudah 365 kabupaten/kota di 29 provinsi yang disinggahinya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News