Anggaran Asian Games dari APBN Tak Berubah

Anggaran Asian Games dari APBN Tak Berubah
Asian Games 2018. Foto: Jawa Pos/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo mengatakan, alokasi anggaran pelaksanaan Asian Games 2018 dari APBN tidak mengalami perubahan.

"Dianggarkan di APBNP 2017 Rp 1,5 triliun, sisanya akan diambil dari dana Olympic Center yang sekarang sudah kami freeze," katanya di kompleks Istana Negara, Rabu (7/6).

Total anggaran Olympic Center yang dikunci dan akan digunakan untuk mendukung pelaksanaan Asian Games totalnya sekitar Rp 465 miliar.

Sebagiannya akan dipakai untuk menutupi kekurangan anggaran yang diusulkan Panitia Penyelenggara Asian Games (INASGOC) 2018 sebesar Rp 1,8 triliun.

"Kan ada kekurangan (di luar APBNP). Kekurangan itu nanti dihitung lagi di Kemenpora, sisanya diambil dari yang Rp 465 miliar," jelas dia.

Soal mekanisme pencairan, ada dua opsi yang disiapkan. Pertama pencairan melalui Menteri Keuangan dari bagian anggaran bendahara umum negara (BA BUN). Kemudian, anggaran untuk Olympic Center dibekukan untuk dialihkan penggunaannya.

Alternatif lainnya adalah Kemenpora mengusukkan cara lain.

"Intinya yang mudah yang mana keluarnya. Cuma mata anggarannya yang beda," tambah Mardiasmo.(fat/jpnn)


Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo mengatakan, alokasi anggaran pelaksanaan Asian Games 2018 dari APBN tidak mengalami perubahan.


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News