Anggota KPPS Meninggal Dunia Usai Antar Kotak Suara ke Kelurahan

Anggota KPPS Meninggal Dunia Usai Antar Kotak Suara ke Kelurahan
Suasana TPS saat pemungutan suara. Foto : Natalia Laurens/JPNN

jpnn.com, MALANG - Anggota KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) Tlogomas, Kota Malang, bernama Agus Susanto, 40, meninggal dunia Kamis dini hari (18/4) pukul 03.00.

Agus yang bertugas di TPS 04 Tlogomas itu diduga kecapekan setelah melakukan rekapitulasi penghitungan surat suara hingga pukul 02.00. Dilanjutkan mengantarkan kotak suara dari TPS menuju kantor kelurahan.

Kabar meninggalnya Agus disampaikan oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang Zaenudin.

”Kami turut berbela sungkawa. Dia (Agus Susanto) baru menyelesaikan tugasnya (rekapitulasi suara), setelah itu langsung mengirimkan kotak suara ke kelurahan. Tidak ada tanda-tanda sakit,” ujar Zaenudin saat ditemui di kantornya, Kamis.

BACA JUGA: Anggota KPPS Meninggal Dunia: Pingsan di TPS, Nyawanya tak Tertolong

Menurut Zaenudin, kerja anggota KPPS tergolong berat. Sejak dilantik pada Maret lalu, mereka terus melakukan persiapan hampir sebulan penuh. Mulai mengikuti bimbingan teknis, sosialisasi, tata cara pendirian TPS, melaksanakan pemungutan suara, melakukan penghitungan kertas suara di TPS, hingga mengantar kotak suara ke panitia pemungutan suara (PPS) di kantor kelurahan.

”Bahkan, ketika ada persoalan selama penghitungan di panitia pemilihan kecamatan (PPK), KPPS bakal dipanggil untuk menjelaskan persoalan,” kata pria yang dua periode ini mengemban tugas sebagai komisioner KPU itu.

Di Kota Malang, total ada 21.285 anggota KPPS. Honor yang diterima tidak terlalu banyak. Untuk ketua KPPS, dijatah Rp 550 ribu. Sedangkan anggotanya sekitar Rp 500 ribu. ”Makanya kami memberikan sedikit santunan saat berbela sungkawa ke rumah duka,” katanya.

Usai mengantarkan kotak suara dari TPS menuju kantor kelurahan, anggota KPPS Tlogomas, Agus Susanto, 40, meninggal dunia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News